Tuesday, November 17, 2009

INVERTER 12V DC KE 220V AC


Daftar alat:
(1) Trafo ct 5a atau lebih
(2) Tr 2n3055 dua buah
(3) Resistor 1kohm dua buah.
(4) kabel secukup nya
Rangkaian inverter di atas adalh contoh rangkaian inverter sangat sederhana dan dapat di rangkai dgn biaya yg cukup murah..
rangkaian inverfter di atas dapat di gunakan untuk menaikan tegangan dari 12v dc ke 220v ac.hasil tegangan output dapat di gunakan untuk meng hidupkan lampu,tv,cd dan peralatan listrik lainnya tergantu besar daya inverter nya.. Besarnya daya yg di hasilkan sebuah inverter tergantung pada:
(1)Besarnya daya suplay
misalnya accu 60A,7A,5A.besar nya daya yg di catukan akan berpengaruh pada lama atau ketahan inverter menyala..maka smakin besar ukuran aki maka smakin lama juga inverter dapat bertahan hidup..dan sebalik nya smakin kecil maka semakin cepat pula aki habis..
(2) Ukuran trafo
ukuran trafo jg sangat berpengaruh dengan daya yg di hasilkan karena smakin besar deameter kawat tembaga pada lilitan trafo maka smakin besar pula daya yg bisa di transformasikan .
(3)jumlah transistor final
transistor final adalah penentu ahir system switching pada sebuah inverter
semakin banyak jumlah transistor yg di susun paralel maka smakin besar daya swtching yg di transformasikan ke trafo..untuk menambh daya maka tambah kan transistor dgn jenis yg sama.
jenis transistor bisa di ganti dgn jenis yg lain misalkan buatan sanken...dgn spec..mampu menswitch daya yang besar..
untuk meredam panas pada transistor saat inverter di nyalakan maka tempat kan transistor pada heatsink..(keping pendingin)
catatan: sebaik nya headsink ada dua buah kiri dan kanan...karena antara pin colektor transistor kanan dan kiri tidak boleh terhubung(lihat gambar diatas)
rangkaian inverter diatas mengahasilkan tegangan gelombang persegi..oleh sebab itu kurang cocok apabila di gunakan untuk menyalakan peralatan elektronik dan motor induksi..inverter di atas sangat cocok di gunakan sebagai suplay penerangan misalkan lampu emergensy...
apa bila inverter di atas akan di gunakan untuk menyalakan peralatan elektronik maka pada output nya di beri kapasitor ac sebagai filter untuk meredam nois yg akan masuk kerangkaian eletonik.
di sini saya menggunakan kapsitor 2,5mf 400v bekas kipas angin dan kalau nois dirasa masih kencang tambahkn lg satu buah kapasitor lagi''
atas kekurangan jenis inverter di atas maka sy sendiri tidak lg menggunakan inverter jenis ini sy lebih memilih inverter frequensi tinggi oya inverter ini menghasilkan gelombang listrik sinus jadi aman sekali buat peralatan elektronik.seperti tv,vcd sound system dll.tanpa nois,ukurannya mungil sangat ringan tp daya besar...dan tentunya lebih hemat dari pada jenis inverter yg menggunakn trafo konfesional kalau ada yg berminat hubungi saya di nomor tlpn di halaman atas blog ini harga yg 1000watts di jual 450 ribu sudah termaksud ongkos kirim

oya ini contoh photo inverter nya



.smoga bermanfaat
NB:KAMI MELAYANI SERVIS SEGALA MACAM INVERTER UPS
CONVERTER
AVR
INVERTER DC TO AC
MESIN LAS INVERTER
DLL

kunjubgi jg artikel saya tentang servis mesin las inverter di SERVIS MESIN LAS INVERTER

170 comments:

hady cjdw said...

boleh juga ni rangkaian..trims mas didyk..di daerahqu sering mati lampu..jadi kalau punya ide atau ilmu baru jangan di anggap sepele..karna menurut saya sepele bagi yg tau tapi bagi yg gak tau ya sangat bermanfa't.contohnya buat saya
he he he ..oke salam kenal n berkarya terus.

Hary said...

Aq udh c0ba rangkaian diatas... Aq pakai 6 biji 2n3055 trafo 10A. Tpi knapa ya aku pakai nyalakan tv kok belum bisa.. M0h0n saranya.. Apakah masih kurang 2n3055nya.. TQ

Ihsan Prawoto said...

sudah pernah buat belum? salam

Didykelektro said...

mhn maaf smua nya baru bisa jawb komen nya salam sukses buat mas hadi..untuk mas hari untu daya yg besar cukp tambh kan tr dan besar trafo nya..buat tv sekitar 12 tr dgan trafo 15 a

Didykelektro said...

salam mas ihsan prawoto maaf br bisa jawb ..sebelm inverter frequensi tinggi buatan cina beredar di indonesia saya perna membuat nya dgan daya yg cukup lumayan dgan memakai 14 tr dan trafo 15a cukup buat back up saat mt lampu..tetapi mash banyak kekurangan dgan rangkaian ini..salah satu nya baterai agak boros..karena sistem switching nya..tp sekarang saya beralik ke inverter prequensi tinggi yg lebh ringan dan irit baterai

Anonymous said...

IWAN. salam masdidyk. aku barusan ngrusakin 2 buah inverter yang aku beli jadi dipasaran. hrga berkisar 200rb-an. itu bisa diperbaiki gak ya inverternya?? kira2 yang rusak apanya? trims sebelumnya.
nb: baru tau ini blog. coba tau dari dulu pasti aku praktekan langsung rangkaiannya. untuk trafonya itu yang biasa stepdown ato beli yang stepup. sori banyak nanya..

Didykelektro said...

Salam kenal jga mas iwan kalau inverter yg di pasaran itu bisa di perbaiki asal kan bukan ic pwm nya yg
Gosong kalau cuma final fetnya banyak di pasaran.. Fet inilah yg sering ke bakar karna kelebhan beban..kalau ic pwm tl494 ic tempel susah sekali di cari di pasaran..ingat Kalau ganti fet.periksa jg tr smd resistr nya jg biasanya puts ..
Bila mau merakit seperti yg ada pada blog ini gunakan sja trafo ct stepdow hanya saja pemakaian nya di balik. Trimaks.

Anonymous said...

IWAN. Makasih banyak masdidyk. tak liatnya dulu.. karna inverternya aku taruh di kampung.

Didyk said...

Ya.moga sukses
Apa b├Čla inverternya rusak fet nya dan tipe fet tsbt susah di cari ganti aja dgan tipe irf 42 yg banyak di pasaran.

iwan said...

malem om. numpang tanya nih. kemarin sy bikin pengisi aki otomatis (searc di goggle)dg trafo 5 amp, output saya ambil 12 volt. masalahnya pengisianya kok gak maksimal ya dibanding saya setrumkan di tukang charging. maksud sy gimana cara naikan tegangan output 12 volt menjadi 13,8 volt. katanya untuk setrum aki harus segitu. dah cari google belum ketemu. trims sebelumnya

Didykelektro said...

Ya..aki basah di chargei dgan tegangan13.8v kalau pada charher aki di pasaran output trafo sudah di sesuaikan yaitu 14v jadi bila km memakai trafo biasa maka tegangan 14v pin trafo engak ada 12v 18v 24v 32v ini lh tegangan yg terterah di sana..untuk pilhan input trafo 0 220v 240v jadi supaya tegangan out 18v turun maka pindah kan kbel in trafo ke 240v skrang ukur tegangan di pin 18v apa bila sudah menunjukan skitar 14v maka sudah bisa di gunakan ..karna rangkaian km otomatis jadi ngak bakl over charger selamt mencoba.

Nadony said...

mas.. habis biaya berapa dlam pembuatan inverter tsb
trims

Didykelektro said...

salam knal mas nadony kalau soal biaya tergantung aka digunakan untuk apa inverter tsbt.jika di gunakan buat ngidupin lampu satu saja biaya nya engk lebih dari 50000 apalagi ada trafo bekas tinggal beli transistor aja 2 biji dan resistor 2biji

Nadony said...

terima kasih mas...
boleh tau contact facebooknya mas??

Didykelektro said...

klik aja didi alkat di pencarian facebook itu nama sy di fb selamt bergabung

Anonymous said...

bro... ane dh cba sesuai gambar...... ane pke trafo ct 10A dgn 6 transistor.... pi kok d trafonya nggak da 12 v y.... yg da 20 25 35 dst.... kra2 bs nggak d pke trafo tu.... mohon pencerahannya hep.... thankz

Didykelektro said...

harus ct12v soalnya kita memakai catu daya atau aki 12v kalau anda punya aki 2 buah susun seri aki maka catu daya jadi 24v jadi trafo anda bisa di pakai yaitu memakai ct yg 24v atau25v

sony_sky said...

thank's bro infonya...........
aq dah sering coba bikin inverter, tp kurang memuaskan, moga yg ni bener2 memuaskan............by Orang Asli Bojonegoro

sony_sky said...

salam mas didik................
kmrn aq dah coba bikin inverter kyk skema diatas pake travo 10A n akinya cuma 5A, tp kok gak ngangkat, pa akinya kurang besar????
mohon infonya.........thank's

heriansyah2962 said...

oh kak maksih banget atas infonya,,,
oh y saya juga lagi buat inverter dari 12 vdc ke 220 vac dengan daya 250 watt,,, yang saya bingungkan adalah penggunaan trafonya,,, bisa dijelaskan trafo apa yg cocok buat inverter saya ini???? makasih atas sebelumnya,,,

heriansyah2962 said...

terima kasih atas infonya,,,
oh y saya mau tanya trafo apa yg cocok buat rangkaian inverter dengan daya 250 watt akinya 32 ampere,,,,transistornya 6,,,berapa trafo yang diperlukan????
terima kasih,,,

Didykelektro said...

heriansya dan sony untuk trafo gunakan trafo ct 12v 15a (jenisnya step down hanya saja pemakaianya di balik 0-220v sebagai outputnya dan ct 12v kerangkaian inverter nya ) untuk daya segitu butuh 16 buah transistor besar kecilnya aki akan berpengaruh pada dy tahan hidup inverter makin besar maka makin lama bertahan hidup.

Ontohot said...

Salam kenal mas Didyk, untuk pararel TR itu gimana ? B-B E-E & C-C trus untuk R tetap pakai 1 K ohm jika pakai 16 transistor? Terima kasih.

sony_sky said...

tambah lagi bozzz, aq gk enak nanya di FB disini ja tmpt yg cocok............hehehehe
kalo aq pake trafo 10A kira2 dpt brapa watt?
pa hasilnya kayak gini (trafo 10A kawat emeilnya cuma bisa dilalui arus 1Ampr ja? jd 220v x 1A = 220VA?)tul gk????????

Didykelektro said...

buat onto hot dan sony simak jelas2 cara paralel tr nya c-c dan e-e sedangkan basic di biarkan
jangan di paralel tapi masing2 kaki basic di beri r 1kohm tujuan tr di paralel yaitu agar arus switching yg melalui c dan e menjadi besar shingga daya yg bisa tranformasikan oleh trafo jg besar dan untuk sony perhitungan km slh arus di kali tegangan hasil nya daya bkan va tapi watt satuanya

Didykelektro said...

sambng lagi ya : catatan apabila daya yg di hasilkan menurut anda masih kurang bisa jg dgn menurun kan nilai resistor ganti r 1k dgan nilai di bawh nya minimal 100 ohm tapi aki anda akan boros dan yg gak kalah penting nya di ats ada dua tr yaitu kiri dan kanan jadi jika menggunakan 12 tr maka 6 kiri dan 6 kanan keping pendingin harus di pisah kiri dan kanan agar colektor nya tidak short trimksh mg membantu untuk sony baca lagi di fb kmarin da tak shere

Didykelektro said...

sambng lagi ya : catatan apabila daya yg di hasilkan menurut anda masih kurang bisa jg dgn menurun kan nilai resistor ganti r 1k dgan nilai di bawh nya minimal 100 ohm tapi aki anda akan boros dan yg gak kalah penting nya di ats ada dua tr yaitu kiri dan kanan jadi jika menggunakan 12 tr maka 6 kiri dan 6 kanan keping pendingin harus di pisah kiri dan kanan agar colektor nya tidak short trimksh mg membantu untuk sony baca lagi di fb kmarin da tak shere

Didykelektro said...

sambng lagi ya : catatan apabila daya yg di hasilkan menurut anda masih kurang bisa jg dgn menurun kan nilai resistor ganti r 1k dgan nilai di bawh nya minimal 100 ohm tapi aki anda akan boros dan yg gak kalah penting nya di ats ada dua tr yaitu kiri dan kanan jadi jika menggunakan 12 tr maka 6 kiri dan 6 kanan keping pendingin harus di pisah kiri dan kanan agar colektor nya tidak short trimksh mg membantu untuk sony baca lagi di fb kmarin da tak shere

Didykelektro said...

sambng lagi ya : catatan apabila daya yg di hasilkan menurut anda masih kurang bisa jg dgn menurun kan nilai resistor ganti r 1k dgan nilai di bawh nya minimal 100 ohm tapi aki anda akan boros dan yg gak kalah penting nya di ats ada dua tr yaitu kiri dan kanan jadi jika menggunakan 12 tr maka 6 kiri dan 6 kanan keping pendingin harus di pisah kiri dan kanan agar colektor nya tidak short trimksh mg membantu untuk sony baca lagi di fb kmarin da tak shere

Aryaganteng said...

Salam kenal bos.
bosss... numpang tanya kl pake travo 10A dan 12 tr bisa keluar daya berapa watt ya??? di tambah aki 70A ?? mohon pencerahannya ....
Terima kasih sebelumnya ...

Jamal said...

Salam kenal.mau nanya ni?kalo trnya ditambah resistornya di tambah ga bos.trims.

Didykelektro said...

jamal@ di tambah satu transistr punya masing resistor agar arus yg mask pada pin basic normal bisa saja r nya tidak di tambah asal kan daya r tsbt besar

Boys said...

CT trafo terhubung - accu bro?

Didykelektro said...

Boys@ betul ct trafo langsng terhbng ke accu

Anonymous said...

maaf sekedar bertanya;

apabila inverter dengan rangkaian diatas dipakai untuk menyetroom ikan bisa gak?? kayaknya gak ribet tuh, yang biasa harus pake platina,blum lagi lilitan/kumparan kawat email yang besar,, berat banget deh kayaknya kalo digendong,,, mohon jawabannya.... soalnya ditempat saya orang2 sering banget nyari ikan pake gituan....

Didykelektro said...

Animoust@ kalo buat strum ikan sy blum coba tapi menurut sy tegangan 220v kurang tinnggi buat ikan di air...kalo mau coba gulung trafo sendiri ya sila kan saja ber exspirimen... Siapa tau bisa..

FLAFFY said...

mas tegangan yang pas untuk setrum ikan kira kira berapa ya, klau menurut anda tegangan 220v kurang besar.

Didykelektro said...

Kalau buat strum ikan lebih baik spul atau trafo nya gulung sendiri rangkaian nya sama saja seperti diatas buat pola gulungan ct seperti di atas jadi lebih gampang untuk menentukan besar tegangan yg di ingin kan sy rasa 350v sudah cukup radius strum yg di hasilkan

FLAFFY said...

dari rangkaian inverter di atas, klau kita mau output nya 350v komponen apa aja yang harus di rubah

FLAFFY said...

nambah pertanyaan ya mas. Sedangkan untuk trafonya sendiri klau kita mau buat sendiri kira2 jumlah lilitan primer dan sekundernya berapa ? Dan ukuran kawatnya juga berapa mm ? Saya mau menggunakan kern ukuran 2.5x2 cm, dengan aki 12v 10ah.

FLAFFY said...

Sedangkan untuk trafonya sendiri klau kita mau buat sendiri kira2 jumlah lilitan primer dan sekundernya berapa ? Dan ukuran kawatnya juga berapa mm ? Saya mau menggunakan kern ukuran 2.5x2 cm.

Didykelektro said...

kalau tegangan yg di ingin kan 350v kern 2,5x2 maka jumlah lilitan per volt
Gpv =frequensy/luas kern
Gpv =60/5=12 lilitan pervolt jdi kalau di butuh kan 350v maka 350x12=4200 lilitan..
Untuk gulungan primer sama saja cara meng hitung nya berarti 12x12=144 lilitan

leodavince said...

mas yang trafo ct yang gimana mas,
kan trafo ct kebanyakan untuk trafo step down,
memagnnya kalau menggunakan trafo tersebut bisa mas untuk inverter.
kan biasanya trafonya harus dirakit dulu sesuai ketentuan untuk trafo step up.
untuk penjesanya mohon mas kirim ke email saya ya mas
yeastert@yahoo.com

ARi said...

salam kenal mas Didyk,,,,,saya ari FB:zebra_umk@yahoo.co.id
mau jawap yang setrum ikan,, aku pernah ber experimen menggunakan:
1. TEEET setrum ikan yang pakai Platina
2. Teeet Strum Ikan pakai rangkaian inverter 220
perbedaanya di frequensi yang ditimbulkan
kalau pakai platina mk getaran di air kayak di pukul 20x perdetik dan bersuara.
tapi kalau pakai inverter tanpa ada suara,,,bisa 50-70x pukulan jadi ikan akan cepat setresss radius inverter di air 1Meter melingkar,,,

mau tanya mass,,,,, aku udah beberapa kali experimen dengan rangkaian2 yang ada di internet tapi hasilnya tak memuaskan...!
1.setiap diberi beban solder aja,,, asal tegangan 240v turun jadi 180v dengan Aki 40A
2.Frequensi yang di hasilkan gak bisa 50Hz ya kalu di seteli ya bisa mendekatilah tapi kutrang pass
3.kalau inverter dipasaran , kalau diberi Ampmeter jarum tidak bergerak artinya tidak ada arus mengalir,0A,,,tapi kalau inverter buatan sediri tanpa beban aja Vamp bergerak kadang sampai
makan daya 0,5A untuk Travo 5A
apalagi kalau travonya tambah besar.waaaahh bisa bsa sampai makan daya 3A.. dikali 24jam berapa daya yang terbuang (saat inverter tanpa beban mass)
aku kalu menganalisa inverter yang buat komputer yang masih pakai travo 5A,,, itu bisa bagus apa ya mas rahasianya,,, apa gunanya tegangan umpan balik yang dari travo berkisar 24VAC masuk ke ic pembangkit inverter
,,.kalu saya lepas sama persis,,,,, kalau kita buat sendiri kalu diberi beban turun.
IC Tl494 di daerahku banyak mas tapi aku hanya bisa menggunakan untuk frequensi tinggi yaitu DC12 to DC42V,,,
tnya mas pernah bedah inverter buatan cina pa gak gman?sistem kerja penguat ke dua yang input DC 300vDc dari penguat inverter pertama kepenguat ke dua kok bisa keluar 220vAC.dan tidak panas Fett nya..punya rangkainya???

Didykelektro said...

Leo..pada dasar nya trafo stepup dan stepdown bekerja berkebalikan... Jd kalau km mempunyai trafo stepdown misal kan 220v ke 12v maka sebenr nya apa bila tegangan input kmu masukan tegangan pln 220v ke 220v pin trafo maka tegangan skunder akan keluar 12v... Nah...apabila km masukan tegangan ac 12v ke pin..12v trafo maka akan keluar tegangan 220v jd berkebalikan... Jd pada inti nya trafo stepdown bisa di jadi kan step up tanpa merubah gulungan... Hanya di balik saja..moga dapt di pahami

ari said...

didyk>>>> gmana mas pendapatnya tentang INVERTER BUATAN cina

Didykelektro said...

Ari@mhn maaf baru bisa jwab..ada gangguan konecsi.
Sy akan jelaskan sedikit tentang inverter buatan china atau frequensy tinggi...
Megapa inverter ini sangat hemat daya?
Pada jenis inverter ini untuk menaikan tegangan 12v ke 220v yaitu dengan cara menaikan frequensy nya jd tak perlu menambah jumlah lilitan pada trafo..sehingga trafo pun sangat kecil dan dapt menghasilkan daya yg cukup besar...di karnakan ukuran trafo yg kecil ini pula sehingga daya untuk menswitching invertr sangat kecil hanya sekitar 0,25a maka dari itu inverter jenis ini sangt hemat daya... Berbeda skali dengan inverter konvensional misalkan pada ups komputer..trafo yg di gunakan pun sangt besar sehingga boros daya...tanpa beban saja sudah memakan daya 1-2amp... Trimkasih..mg manfaat

Anonymous said...

Aja

Anonymous said...

Ada yg tw rangkaian inverter yg pke ic ne555 gk mnta donk skema y. . . Plis

Anonymous said...

om,
apakah listrik yg dihsilkan pure-inewave,dari alat yg dipakai?
thks

Didykelektro said...

Listrik..yg di hasilkan dari rangkaian di atas... Mempunyai gelombang kotak bukan sinus...jd seandainya akan di gunakan untuk menyalakan perangkat elektronik.. Bisa di siasati dgan menambah kapasitr ac sebelum beban...

Anonymous said...

kang ada nggak rangkaian trafo step up 70/220 V, soalnya saya cari2 di mbah google nggakl ada sama sekali...mohon bimbingannya.

Didykelektro said...

Rangkaian trafo stepup gi mana ni maksud nya.. Rangkaian inverter nya atau trafo nya aja.. Trafo step up berkebalikan dngan stepdown jd kalau mau menaikan tegangan dari 70v ke 220v kamu tinggal beli aja trafo ct biasa(stepdown) yg pin skunder nya ada pin 45v tinggal di balik pemakaiannya

Anonymous said...

capasitor ac sebelum beban maksudnya gmna? tlng picture nya boss. misal gak di pasang resiko pd alat elektronik apa?mhn pencerahan.

Anonymous said...

mas itu rangkaian gak pakai capasitor, yakin bisa idup? buat ngatur frekuensinya 50 Hz masa bisa cuma resistor ma tr doang.

Didykelektro said...

Smua yg di posting perna di coba...dan sudah di uji..jd silah kan coba dulu setelah itu baru komentar...di atas adalh inverter paling sederhana..untuk mengetahui frequensy kalau gak punya alat ukur gampang nya begini...trafo rata2 smua di buat untuk frequensy 50-60hz sesuai standar di indonesia...nah..kalau sebuah trafo yg tegangan pin nya tertera sangat gampang melihat frquensi kerja tegangan..contoh nya begini kalau trafo pin 220v kita beri tegangan pln 220v frequensi 60hz maka akan keluar tegangan yg sesuai dgn yg tertera di trafo misal kan 12v 24v...nah kalau frequensy nya dinaikan dua kali lipat menjd 120hz maka tegangan keluar akan naik menjd dua kali lipat jg..jd kalau anda mempraktikan rangkaian di atas lihat out put nya sesuai kah dengan tegangan yg terterah pada bodi trafo misal kan 220v kalau sesuai input dan out put nya maka frequensy nya benar..jd gak perlu memakai kapsitr sebagai penentu besar frequensy..supaya lebih simple..trimksh

Anonymous said...

mas mau tanya, kan kalo tr di paralel, brarti sperti yg dijelaskan sama mas didik,
c-c, trus e-e, trus tiap b nya dikasih tahanan ke c kan, gitu kan mas ?

nah kalo tr di seri gimana ya mas ?
apa begini ?
c-e, trus e-c, trus tiap b nya dikasih tahanan ke c di akhir trnya, gitu gak mas ?

tolong saya mas..

Anonymous said...

oh iya, trus saya mau tanya lagi, kalo tr 2n3055 itu tegangan input maksimal berapa volt ya mas, kan kalo accu biasanya cuma 12Vdc, atau 24Vdc jika di seri.. nah kalo dikasih input 220vdc kuat gag ya tr 2n3055 nya ?

Didykelektro said...

Sekali lg tujuan transistor di susn paralel pada rangkaian diatas bertujuan untuk menambah kapasitas arus yg mampu di lewat kan transistor di karnakan satu buah tr 2n3055 hanya mampu melewat kan kurang lebih 200mA ..maka dari itu harus kita paralel jd kalau ada 10 transistr maka arus yg mampu dilewtkan tr kurang lebih 1A ...lalu ada pertanyaan bisa kah transistr 2n3055 di beri tegangan 220v dc.. Jwabnya tidak bs karena transistr ini kemampuanya maksimal 100v pada arus kolektr jd kalau mau menswitching tegangan 220v dc gunakan transistr yg biasa di gunakan pada regulatr

Anonymous said...

ok, thanks infonya mas..

mas, tr 2n3055 tegangan inputnya maksimal 100V ya, nah klo tr 2n3055 nya di seri tegangan input yg maksimal 100V nya bisa jadi naik gak mas ? biar bisa terima tegangan 220Vdc gitu ?

terima kasih sebelumnya mas.

Anonymous said...

$lm knl mas,kmrn sy cb praktekin rangkaian setrum ikan dgn kern 3x2cm dgn target 250v.setlh lilitan mencapai 2000 lilitan sy mencoba outputnya hanya 50v dr yg harusnya 200v kan?.tapi induksinya sangat besar.ini solusinya bgmana y?. Tlng dibantu.thx.

Didykelektro said...

Sekali lagi tlng komentar nya di beri nama ...supaya kita lebih mudah ..apa kah maksud anda membuat strum ikan dengan rangkaian diatas...begini..untuk menaikan tegangan tidak hanya memperbanya jumlah lilitan tapi bisa jg dengan menaikan frequensy nya jd kalau anda mempraktekan rangkaian di atas. Dengan frequensy 60hz ya jelas butuh banyak jumlah lilitan untuk mencapai tegangan yg di harapkan.. Rangkaian di atas bisa kita rubah untuk mendapatkan frequensy yang tinggi.... Siapkan satu buah transistor 2n3055 beri keping pendingin...cara hampir sama dgan rangkaian di atas kita gunakan pola gulungan ct misal 12v ct 12v nah... Hubungkan pin colektor transistor ke pin ct trafo lalu pin basic diberi resistor dan di hubung kan ke pin 12v pd trafo. lalu pin 12v satu lagi ke kutup batere plus dan kutup batre min di hubngkan ke emitor transistor.. Selamt berkarya..hati2 tegangan tinggi ..

Anonymous said...

mas, emailnya apa ya ?

Didykelektro said...

Email apa ya?? Apa alamt email maksud nya atau kawat email yg anda tanyakan kalau kawat email itu kawat tembaga yg sudah di lapisi lak..seperti pada gulungan trafo.

Anonymous said...

hihihihi, mksud saya alamat email mas..

yayan said...

salam knal. Mas resistornya berapa wat, mas rangkaiannya sinus bukan, kalau di pakai untuk elektronik d rumah tidak menyebabkan rusak. Trmksh

Didykelektro said...

slm knal yayan..resistr cukup menggunakan yg satu watts.. Untuk rangkaian di atas bukn menghasilkn ac sinus tapi gelombang persegi...sebenar nya kurang bagus untuk rangkaian ekektronik...tapi rangkaian di atas perna saya coba menyalkan speaker aktiv + vcd dan bisa berjalan oke..dengan catatan out pun trafo harus di beri kapasitr ac 2-5mf untuk menghilangkan suara dengung pada speaker aktiv..

endy said...

mas,n3055nya diganti pake IRFZ44 bisa gak?

yayan said...
This comment has been removed by the author.
yayan said...

berpa vol kpstrnya, pmsangannya
prarel, klau outptnya di tmbah dioda
bsa, klau untk mnyalakn pompa air
125 wat pkai aki mtor cargernya dari
mtor apkh bsa. Mas pnya skema alat pnghemat
listrik.

Didykelektro said...

Yayan kapasitr nya 250v atau 400v ac .. Kalau km memakai aki motor 5A perhitungan daya nya begini 5x12=60watts berarti aki km mampu memasok daya sebesar 60watt selama satu jam...nah kalau kamu gunakan buat memutar pompa 125 watt berarti aki kamu hanya mampu bertahn setengah jam..blum lg di kurangi rugi daya akibat swicthing..inverter.. walaupun menyalakn pompa sambil di carger di motor tetap aki akan tekor karena tidak seimbang antara yg masuk dan yg keluar... Pada sepeda motor carger sudah di seting menggunakan amper yg kecil untuk mengisi aki ..aki akan penuh setelah di carger selama 8-10 jam..dengan tujuan agar aki awet..

yayan said...

maksih atas inponya, mas punya skema carger aki 12v kalau penuh langsung memtus input ac nya mau sya psang dngan inverter.

pudan said...

Terima kasih mas ya....!

desta said...

2n3055 bisa keluar berapa amper mas arusnya?soalnya saya pernah mencoba buat nyetrum belut,jika pin 0 sama220volt kita tancapkan ke tanah jika terlalu dekat antara o dan 220 pada tanah,maka tr2n3055 bagian emitor akan putus,gmana solusinya?

Didykelektro said...

Desta Kalo melihat data sheet nya tr 2n3055 mampu melewatkn 0,2 ampr
Kalau nyetrum ikan pake inverter sy blum perna coba..kalau tr mudah putus perbesar keping pendingin agar tr tidak panas..dan out nya jgan sampai konslet..

wadher said...

untuk inti trafo kita buat kern berbentuk I saja bisa gak?

wadher said...

trus ada gak tr yang bisa melewatkan arus 5-10ampere?typenya brapa mas?misalkan output kita buat 50volt udah bisa menyetrum belut gak? karena 20volt saja yang dihasilkan oleh ramgkaian strum platina,udah bisa membuat pingsan ikan/belut.maksud saya ingin mengganti platina dngn rangkaian inverter

wadher said...

Sekali lagi tlng komentar nya di beri nama ...supaya kita lebih mudah ..apa kah maksud anda membuat strum ikan dengan rangkaian diatas...begini..untuk menaikan tegangan tidak hanya memperbanya jumlah lilitan tapi bisa jg dengan menaikan frequensy nya jd kalau anda mempraktekan rangkaian di atas. Dengan frequensy 60hz ya jelas butuh banyak jumlah lilitan untuk mencapai tegangan yg di harapkan.. Rangkaian di atas bisa kita rubah untuk mendapatkan frequensy yang tinggi.... Siapkan satu buah transistor 2n3055 beri keping pendingin...cara hampir sama dgan rangkaian di atas kita gunakan pola gulungan ct misal 12v ct 12v nah... Hubungkan pin colektor transistor ke pin ct trafo lalu pin basic diberi resistor dan di hubung kan ke pin 12v pd trafo. lalu pin 12v satu lagi ke kutup batere plus dan kutup batre min di hubngkan ke emitor transistor.. Selamt berkarya..hati2 tegangan tinggi ..
untuk resistor ukuranya berapa mas?ini kira2 frequensinya jadi berapa hertz mas

Didykelektro said...

Wather@ kalau buat strum ikan sy blum pernah coba kalau kern mau di ganti bentuk i juga tetap bisa asalkn pola gulunganya ct..untuk transistr agar mampu melewatkn daya yg besar maka di gunakn tr paralel

Anonymous said...

mas didy, saya mau nanya klu trapo bekas stavol 1000va bisa ngk traponya buat inventer, trims seblmnya.

Didykelektro said...

bisa saja kalau mau gulung ulang...tp kalau mau gampang pake aja trafo ct..

kikyalya said...

mas, minta skema rangkaian inventer yg pake 6 atau 12 tr, saya msh awam tentang elektronik tp saya ingin sekali buat inventer sbb daerah kmi sering mati lampu. mohon bantuanya.

Didykelektro said...

kikyalya@ rangkaiannya sama seperti di atas hanya tr nya saja yg di tambah secara paralel misal kan pakai 10tr maka 5 di kiri dan lima lg di kanan ..

arman said...

skema diatas aq udh coba bikin dgn TF5amp TR 8 buah dan R 3 macam 1kohm,680ohn, dan 470 ohm, cukup untuk mexalakan lampu philips 23watt, 18watt. 5watt dua buah, tpi haxa brtahan 1 jam saja, dgn aki 10 amp.

Didykelektro said...

Arman@ smakin besar daya yg di pakai maka smakin boros aki nya..apa lg jenis inverter yg di atas merupakan inverter konvensional yg menggunakan trafo yg sangt besar ...switching tanpa beban saja skitar 2amper
Berarti kalau inverter di nyalakan dgn aki 10 amper (tanpa beban) maka dalam 5 jam aki akan habis

Didykelektro said...

Arman@ smakin besar daya yg di pakai maka smakin boros aki nya..apa lg jenis inverter yg di atas merupakan inverter konvensional yg menggunakan trafo yg sangt besar ...switching tanpa beban saja skitar 2amper
Berarti kalau inverter di nyalakan dgn aki 10 amper (tanpa beban) maka dalam 5 jam aki akan habis

Anonymous said...

saya udah coba yg rangkaian teg tinggi tp ko 0 volt ya.

Anonymous said...

mas saya tunggu rangkaian inverter frekwensi tingginya.

fadil said...

maaf mas mau nanya nih tempat saya lampunya sering redup didaerah saya namanya turun spaning lampu gak tau kalau tempat lain apa namanya voltage lampu yag biasanya 220 kadang turun sampai 90 volt ada gak alat yg bisa stabil kan arus listrik tetap 220v walau turun sampai 90v mohon pencerahan nya

Didykelektro said...

nama alat nya stabilzer...
Tp beli yg berkwalitas bagus.yg trafo nya ada motor penggerak nya .kalau yg jelek biasanya kalau voltase listrik turun sampai 90v gak mampu menaikan tegangan.. nama alat nya stabilzer...
Tp beli yg berkwalitas bagus.yg trafo nya ada motor penggerak nya .kalau yg jelek biasanya kalau voltase listrik turun sampai 90v gak mampu menaikan tegangan..

fadil said...

satu lagi nih mas saya tanya soal alat setrum ikan yg biasanya pake platina di ganti kayak rangkain ini dan kata mas lebih baik gulung sendiri yg saya bingung hitung lilitan nya ini, kalau menurut mas dengan spul ukuran 1mm berapa gulungan nya dan ukuran kern supaya primer nya 12-ct-12 dan spul sekunder nya 0,6mm berapa lilitan supaya arusnya 330 volt maaf banyak nanya mohon pencerahan nya dan kalau boleh tau nomor HP nya berapa ya email saya [khairulajax@yahoo.co.id]

Didykelektro said...

saya blum pernah memakai rangkaian di atas buat strum ikan..
Tp kalau mau gulung trafo saya kasih rumus nya pertama2 ukur kern misalkan 2,5x2 cm jd luas nya =5cm
Jd kita hitung dulu jumlah lilitan per volt
Frequensy di bagi luas kern
50/5=10 lilitan tiap volt nah kalau kita butuh 12v ct maka 10x12=120 lilitan (dikiri dan di kanan begitu pula buat gulungan skundernya misal butuh tegangan 300v maka 300x10=3000 lilitan misalkan butuh 500v tinggal kali kan saja 10 jd 5000 lilitan
Kalau dia meter kawat tdak berpengaruh terhadap tegangan akan tetapi berpengaruh terhadap besar daya yg di haslkan maka semakin besar deametr kawat maka smakin besar pula daya yg di transformasikan..smakin besar kawat yg di gunakan suda barang tentu samakin besar pula bentuk trafonya.. Mg bermanfaat

fadil said...

mau nanya lg nih mas seperti kata mas diatas kalau buat 12v ct butuh 120 lilitan saya pengen buat setrum yg bisa nge cas aki sendiri pertama saya bikin gulungan spul 120 lilitan kiri dan 120 lilitan kanan berarti 12v ct pake tembaga diameter 1mm lantas saya gulung lg spul 120 lilitan saja pake tembaga diameter 1,2 mm berarti akan keluar tegangan 12v ini rencana nya buat cas aki dan gulungan ke tiga 3000 liltan untuk tegangan 300v untuk setrum ikan yg mau saya tanyakan apa kah rangakain itu bisa ngecas karna kalau setrum ikan paling lama aki nya tahan cuman 5 jam inisiatif saya kalau rangkain ini bisa ngecas kan bisa lam nyetrum nya

Didykelektro said...

memang logikanya begitu tapi daya yg masuk gak bakal bisa melebihi yg keluar blum lg kerugian daya akibat switching dan panas bukan nya aki akan bertambah isinya justru makin cepat habis karena menanggung beban charger itu sendiri smakin besar daya yg keluar maka makin cepat aki akan habis..
lebihi yg keluar blum lg kerugian daya akibat switching dan panas bukan nya aki akan bertambah isinya justru makin cepat habis karena menanggung beban charger itu sendiri smakin besar daya yg keluar maka makin cepat aki akan habis..

fadil said...

nanya lagi nih mas soal ukuran kern yg dimaksud ukuran nya misalnya 2,5/2 itu apa? apa 2,5 itu panjang nya dan soal ukuran lebar nya yg di ukur apanya apa panjang spull 1 lilitan atau ketebalan kern mohon pencerahanya

Amar Ma'ruf said...

mas, 4q sering mati lampu... n aq udh coba rangkaian diatas nih, tapi kq gk ngangkat lampu 10 watt. permasalahannya dmn ya??? aq pake trafo 1A dan 2 transistor.

sony said...

buat semua yang tau soal strum ikan
apakah dengan inverter diatas tidak membahayakan diri si penyetrum?kan tegangannya tinggi (>220v), apakah strum ikan umumnya tegangannya segitu? mohon pencerahan

joebae said...

boleh gbung ?

didykelektro said...

ya silakn saja mas..!met gabung aja

joebae said...

numpang nanya mas,saya pernah bkin seperti gmbar di ats,emang out putnya 220v mlah lebih,cuma pas saya nyalain neon,neon cuma kdip2 dong mas!saya trunkan R nya jdi 100 ohm,dstu neon nyla normal,cuma R nya tuh panas bgt!yg mw saya tnykan kira2 nilai R yg pas tuh berapa mas?dan berapa watt?mhon ptunjuknya mas.

Didykelektro said...

lampu nyala kedip itu menandakan kurang daya kalau menambah daya dgn cara memperkecil nilai resistr akibatnya panas ..memperbesar daya bisa di lakukan dgn menambah jumlah tr dan memperbesar trafo

joebae said...

cara memararelkan tr nya gmna mas?bsa kasi gmbarnya g tuk cntoh pararel tr nya?saya bca di ats c-c e-e tp b dibiarkan saja,mksudnya gmna mas saya krang pham!trus kw saya pki 10 tr,ap R nya 10 juga 10?maf bnyak nanya nih,mklum saya lg thap blajar,jdi mhon ptunjuknya.oy R yg pas tu berapa watt dan berapa nilainya.

joebae said...

sya udh pararel 2bji 3055 jdi 4 3055,tp ko mas ko neon ttp z g nyla?sya pkai arus 5A,ap kurang kuat?saya pkai 5A juga tuk trafo inverter nya.ap nya yg kurang ya mas kira2nya?

Didykelektro said...

arus 5 amper maksud nya pakai aki 5 amper
neon nua neon apa mas kalau neon balas dgn power segitu blum mampu menggerakan stater..jadi lampu gak nyala coba pakai lampu tl elektronic
untuk tr gunakan tr germanium ( ada jg yg bilang tr jengkol)

joebae said...

ya mas sya pke arus 5A dr trafo juga.jd intinya sya punya 2 trafo 5A,tp ko trafo 5A tu berbeda ya mas?yg 1 lbih besar mas,org tko blang tu 5A murni!jka saya pke 5A murni tuk arusnya,trus pke 2bji 2n3055 dan 100ohm 5wat R nya,trafo yg 5A yg 1 nya sya pke tuk out inverternya,neon nyala mas!tp gliran sya tker trafonya,5A murni tuk out inverternya dan yg 5A biasa tuk arusnya,neon g nyala mas.mhon ptunkuknya.

joebae said...

mas bntu sya dong,sya bru z bkin inveretr nih,sya pke 8 3055,sya juga pke 4 9012 tuk flip flpo nya!tp ko gliran sya colokon tv,tv ko g nyala mas?sya pke 12v 70ah aki mobil,trfonya 5a murni.

Didykelektro said...

daya trafo dan transistor kurang..

Anonymous said...

lukman.
mas nanya,inverter,akinya di ganti pakai adaptor aja,bisa tdk.makasi

Didykelektro said...

lukman kalau mau pakai adaftor ya bisa saja ..tp harus dgn daya yg besar...tp kalau ada adaftor berarti ada listrik dgn tegangan yg besar dong knapa harus pakai inverter hehehhe..

joebae said...

mas sya pararel 8 2n3055+1k R nya,arus nya 12v 70ah.trafo 5A murni!tp ko pas sya coba dgn lmpu TL 11 watt,neon g terang sperti kw kita pke arus PLN?kslahan sya dmana mas?

Didykelektro said...

coba perkecil nilai resistor nya..

joebae said...

mas kira2 kw tuk menylakan tl 40 watt nilai R nya berapa yah?

Doni Andhika said...

diatas menurut saya skema inverter sederhana..
jelas jika ada beban
hasilnya drop.. voltage atw tegangan..
karena hnya sistem final TR
smntra driver Tr blm..

Didykelektro said...

doni@ walau driver di pasang beberapa tingkat...kalau tidak ada system feedback dari output tegangan..ya jelas outnya akan drop.tp tidak akan terlalu banyak hanya kesetabilan tegangan yg susah di pertahankan konstan...rangkaian diatas yg sangat terasa adalah boros nya pemakaian batere...atau aki..bukan drop nya..tentu saja kita bisa bikin yg lumayan irit..tp dgn biaya yg lumayan jg..yaitu dgn memakai ic ka3525 sebagai..pwm nya..lalu kita gunakan mosfet atau igbt sbagai saklar switching...nah dgn rangkaian ini maka daya akan sedikit lebih irit kareana sudah memakai sytem frequensy tinggi

imam said...

mas didy, saya punya UPS nganggur di rmh (450va). kira2 bisa difungsikan sebagai inverter nga tuh? apa aja yg perlu di modif. thx

Didykelektro said...

imam ups ya sama saja inverter kalau masih bagus tinggal bikin kebel aki exsternal...konek langsung jd

triz said...

Salam kenal mas didyk,
Senang sekali membaca tulisan mas sangat membantu kami yang tergolong pemula dibidang ini.
Mas mau ikutan nanya ya..
Kalau bekas UPS 450VA bisa gak akinya diganti besar 80Ah misalnya?
Terus gimana mengujinya UPS tsb apakah "mesinnya" masih layak/fungsi digunakan atau tidak?
Atas jawaban mas terimakasih sekali

Caviar said...

Sory mau tanya, mas. Gini, misalnya di rumah ada tv, mesin cuci, dan rice cooker lalu dari semuanya itu mau dibuatin inverter, tp bukan dari aki tp langsung dr listrik. Skemanya dari PLN ke trafo Step Down trus dri sana disambungkan lg ke trafo Step Up. Prtanyaannya, apa cara spti itu bsa lbih mnghemat listrik--dg kcilnya pnggunaan daya--krna yg jlas dgunakan memang trafo Step Down jd daya yg dhabiskan hnya daya yg dgunakan utk trafo Step Down.
Tenkyu jawabannya n mf bhasany blepotan. Hehe

Didykelektro said...

triz@semakin besar ukuran aki maka smakin bagus...karena kemampuan suplay akan bertahan lama...yg berpengaruh itu tegangan nya kalau di ups km 12v maka pakai 12v kalau 24v maka pakai 24v dgn aki di susun seri..

Didykelektro said...

caviar@..ibarat perhitungan matematika 1x1=1
bahkan bisa jd lebih boros...dgn uraian km di atas mana mungkin.bisa menghemat..daya setelah tegangan di turunkan...maka butuh daya besar lg untuk mengembalikan atau menaikan tegangan lg seperti semula nah besarnya energi pengembaliaan itu sama dgn besar nya
dlm praktik nya banyak kerugian enenrgi yg terbuang pada transformator dan blum lg menjadi panas...maka dari itu kesimpulannya liastrik malah menjadi boros

SUTRISNO BNI said...

Saya pernah buat untk temen tukang nasi goreng yang mangkal dg transistor d313 2 buah, tip 3055 2 buah 2 dioda dan c 0,1uf 400volt (sy ambil dari bekas lampu tl philips).untuk pembentuk frekwensinya.
Dipakai dg lampu tl philips 2 buah.
Rangkaian sy awet smp dg 3 thn malah belum rusak, smp temen sy pindah tmpt dagang yg ad listriknya.
Hanya ingin berbagi pengalaman, inverter konvesional memang agak boros, tp lebih awet drpd mrk china apalagi tb*. Tmn beli cm kpke 3 bln.terkecuali bikinan taiwan, memang bagus, tp ya harganya bagus jg .
Kemaren sy buat dg ic ne555 dan cd 4017, fet irfz44 2 buah trafo 5 amper, tanpa pendingin, tp tdk panas. Uji coba buat nyalain ampli ocl 150watt oke, ngecas laptop d motor atau mobil ok, dan udah beberapa x buat nyetrum belut jg ok.
Output modifikasi sinus,(keluaran sy ksh filter capasitor 400volt gatau brp nf , sy ambil bekas lapmpu tl jg) dan 2buah dioda yg d hubungkan berlawanan yg d paralel ke capasitor td.
Buat ampli jd ga berdengung.

triz said...

Mas.. maksud saya kalau akinya 80Ah UPS nya masih mampu cas ya..

Kemarin saya coba dari UPS APC 550VA ganti ke aki 80 Ah waktu keadaan listrik konek jaringan PLN saya terkejut karena setrumnya dikutub akinya kuat sekali begitu saya coba pakai obeng test pen woww nyalanya terang sekali dikedua kutub aki - dan + nya. Tapi saya ukur tegangannya tidak bisa. kalau AVO diarahkan DC, hanya 12V tp kalau diarahkan posisi AC di AVO malah tidak sampai 12V.
Sebenarnya berapa tegangan yang keluar dari UPS ke aki saat cas?
Kenapa kok kedua kutubnya akinya nyetrum? ( nyala di test pen? )
Trims jawabannya..

Didykelektro said...

di pakai aki sebesar apa pun tetap bisa cuma semakin besar aki...maka laju pengisian smakin lama..karena ups di desain hanya buat backup saat lampu pada...dan di perkirakan gak mungkin lampu padam setiap satu jam...maka dibuatlah laju pengisian yg kecil..ke untungannya aki akan menjadi awet..
Kalau soal kutup aki ups nyetrum...memang betul.. Karena ada tegangan induksi...kalau di ukur ya normal 12.5v atau 13v buat pengisian

sulee said...

Mas saya boleh minta skema inverter frekuensi tinggi gk ,soalnya saya mau coba bikiin

triz said...

Iya mas.. tolong diposting juga donk skema rangkaian inverter frekwensi tinggi soalnya sudah disebut-sebut sebelumnya tapi kita belum tau rangkaiannya seperti apa kalau bisa sama jenis dan ukuran komponennya supaya yg awam bisa bereksperimen juga..he..he
Satu lagi mas.. kalau output UPS yang normal diukur tegangannya berapa ya? soalnya saya punya saya ukur cuma 175V saya kira UPS tsb sudah tdk normal, tapi wkt saya ukur kantor punya yg msh bagus sama 175V juga. Apa memang begitu atau AVO mtr nya yang error. tapi kalau saya ukur langsung ke jala listrik bener 220V?

Trimakasih mas Didyk..
Salam.

muhtadin said...

saya mau tanya,dtmptq listrik lum ada,maklum lah dpedaleman kalmtn barat?trz kl pgn buat inverter, gmana ngecas akinya? Kr2 bs gk arusnya dputar balik biar akinya gk hbs2,hehe.tlg pnjlsnya

Anonymous said...

hallllooo......

budi cheater said...

Mas saya sudah coba pakai tr jengkolan 4 biji pararel ko ga bsa angkat lampu neon 8watt ya 1 biji rangkain mirip di ats tpi pendingin ga di pisah tpi tr tak ksh mika apa ada yg slh ?
Mhon jwb'an nya.

Terima ksh

Anonymous said...

Salam dari Borneo
Bossss.. bisa bikinkan Inverter yang hemat accu, output nya 500 watt.
untuk pemakaian di perahu saya, karena kami sangat menghemat pemakai accu.
alat-alat yang kami gunakan:
Sanyo, lampu 5 watt 10 biji, mixcer , musik + karoke, tv 14', charger hp dan camera dan terkadang saya menggunakan bor kecil dan gerinda.
makasih banyak infonya... saya tunggu kabar baiknya.
wasalam yofie kamale
email: orangutanboat@gmail.com
patraboat@yahoo.co.id ( facebook )

Didykelektro said...

beli jadi mas..harga sampai borneo 500rb
daya 1000watss

Anonymous said...

mas, klo tr 2 a trus aki 5 a kira2 mampu bertahan berapa lama untk 2 lampu tl elektronik 8 watt ? Makasih sebelumny.

Deddy Suyanto said...

buat onto hot dan sony simak jelas2 cara paralel tr nya c-c dan e-e sedangkan basic di biarkan
jangan di paralel tapi masing2 kaki basic di beri r 1kohm tujuan tr di paralel yaitu agar arus switching yg melalui c dan e menjadi besar shingga daya yg bisa tranformasikan oleh trafo jg besar dan untuk sony perhitungan km slh arus di kali tegangan hasil nya daya bkan va tapi watt satuanya
-----------------------------------

VA itu sama saja dengan watt beda dimana

My dennist said...

tmen" hanya berbagi pngetahuan aja...kmren kan qk coba dengan transitor 2 yg tip35C dan resistor yg 180 ohm lumayan bagus ttpi resistor nya cpat panas n rusak hrus yg lbih tinggi tpi sdkit tegangan nya...mmm kmren qk coba dngn cra laen tmen" bisa cba...tmen" pke transistor 2 buah yang TIP35C n resistor 4.7k rangkaian sma aja.tapi tmen" rubah sedikit.kabel out ac nya tmen ambil 1 n sambung k.basis.na untuk out nya tmen" ambil jalur out yg stu nya tadi dan satu nya ambil dari basis transistor satunya.djamin tegangan nya tinggi tpi ingat ya jangan pgang jalur aki dngan dua" tangn tpi law satu g pa pa...salam kenal.tv saja hidup apa lagi transistor nya tmen" tambah msing" 3 atw 2.slam kenal.

bobi said...

om inverter itu kan menghasilkan gelombang kotak dan frekuensinya kecil, maka utk memperbesar frekuensinya di gunakan kapasitor, dan kapasitornya itu harus 5 mikrofarad atau 5 milifarad? (5uf/5mf?)

bibo said...

mas inverter itu kan menghasilkan gelombang kotak dan frekuensinya kecil, maka utk memperbesar frekuensinya di gunakan kapasitor, dan kapasitornya itu harus 5 mikrofarad atau 5 milifarad?

Anonymous said...

Saya pakai inverter Souer 1000 Watt karena kelebihan pemakaian akhir tidak bisa keluar arus dan indikator arus (fault) jadi kira kira apanya yang rusak mosfetnya atau transistor pengendalinya yang rusak ? kalau bisa email ke saya sondang1500@gmail.com

Haikal said...

mas tolong d jwb yach....:) mas inverter yg d buat d atas kan keluaran frekuensinya kecil, maka utk memperbesar frekuensinya di gunakan kapasitor, dan kapasitornya itu harus 5 mikrofarad atau 5 milifarad? (5uf/5mf?)

Haikal said...

terus mas kapasitornya yg polar atau yg non-polar ??

Didykelektro said...

Haikal@ sy bingung dgn pertanyaan km coba perhatikn lg. Skema di atas apakah pakai kapasitor..kalau anda merakit yg model pakai kapasitr silahkan bertanya kepada blog. Yg memberrikan skemanya..

Haikal said...

maksud saya, andakan menggunakan kapasitor bekas kipas angin 2,5 mf, dan itu yg ingin saya tanyakan, 2,5 mf itu 2,5 miliFarad atau 2,5 mikroFarad ??

Haikal said...

dan kapasitor bekas kipas angin itu kapasitor bipolar atau non-polar ??

Didykelektro said...

Kapasitr itu bukan penentu. Frequensi tp hanya sebagai filter ukuranya boleh lebih dari 2,5mf dan jenis nya non polar

Arie Istakanuddin said...

arie.
ms mw tanya. ditempt saya travo ct12 volt 10-15 amper ko' gk ada ya.. adanya yang 5 amper smua. kalaw 10 amp rata2 32 volt paling kecil. tlong bantu carikan ya.. trims

Didykelektro said...

di glung ulang mas cukup kurangi jumlah lilitannya sehingga jd 12v

arya bajagenie said...

mau tanya mass,,,yg saya bingung pasang r1kohm dari basis,,,itu harus di silang nya mas,,,makasih

arya bajagenie said...

mau nyambung nanya mas,,,dari 2 transistor harus pakai pendingin dipisah / ckp satu pendingin,,,makasih

Didykelektro said...

kalau pendingin jadi satu boleh saja tp pin colekt0r gak boleh short pada pendingin harus di beri alas lebih bagus terpisah

Miswar Jhy said...

mau tanya mas, klo di pke di tenaga surya bisa ngak ??. slm knl yah mas

Miswar Jhy said...

mau tanya mas, klo di pke di tenaga surya bisa ngak ??. slm knl yah mas

izza nurul said...

Mas,mau tanya,,
saya ada inverter buatan indonesi dc ac 500 watt,,saya mau menambah dayanya menjadi 1500 watt,,kira2 gmna caranya?
Salam dari warga palembang

Didykelektro said...

miswar@ bisa yg penting voltase dan daya mencukupi
izza@ kalau mau menambah daya tentu pula transformator switching nya perlu ditambah dan begitu nya pensaklarannya harus di tambah.. jadi box nya pun perlu diu perbesar

Anonymous said...

salam kreatif mas, saya mau nanyak nih, kmaren bikin inverter mslahnya saat tanpa beban outputnya skitar 240 volt, lalu di beri beban lampu 20 watt, diukur lagi output di trafo menjadi 150,
gimana supaya tetap stabil untuk beberapa saat?
trimakasih mas..

Anonymous said...

mas,mau tny,.paralel transistor nya gmn?apakah kaki basic d beri resistor jg?

Didykelektro said...

untuk memparalel transistor bisa jg langsung tanpa resistor di pin basis bisa jg pakai resistor masing masing

lugupol said...

mau tanya mas,saya punya inverter switching seperty gambar diatas,dengan daya 300watt{klaim pembuat}.karena jalur listrik rumah ada yang short...inverter saya terbakar tr irf3205nya karena cari ditoko di tempat saya tidak ada maka saya ganti dgn irfz44.setelah saya pasang lampu power nyala sebentar trus lampu fault yang nyala.ketika diukur tegangan output ada sebentar pas lampu nyala hijau.mohon pencerahannya mas...?? maaaf panjang sekali

YANTO RI said...

Rekan pencari ikan sekarang sudah beredar strum elektronik tanpa platina dan mampu untuk air asin. Harga 750rb sudah termasuk ongkir. Hubungi Yanto 085785293190 atau 081269137400

Duwi Prasetyo said...

Mas saya buat invrter sperti di atas pakai tr3055 2bji resistor 1k 2bji kalo kosong tegangan sampai 250 vol tapi klo buat idupin lampu 8 wat merk philip ko teganganya habis sperti konslet Mohon solusinya?

veriyanto haloho said...

bro,,,
q ada inverter 300w..
Gmana cara mengubah tu biar bisa digunakan sebagai alat setrum ikan,,,
bisa ngk ya..
atau ada yang perlu di rubah?

veriyanto haloho said...

bro,,,
q ada inverter 300w..
Gmana cara mengubah tu biar bisa digunakan sebagai alat setrum ikan,,,
bisa ngk ya..
atau ada yang perlu di rubah?

Didykelektro said...

lugu pol@ kmungkinan inverter nya posisi protec..akibat adanya bagian yg blum sempurna mungkin protec tegangan..over

Didykelektro said...

duwi@ itu menandakan daya yg di hasilkan inverter km masih terlalu kecil jd saat dapat beban drop

Didykelektro said...

veryanto@ untuk yg soal strum ikan silahkan bereksperimen sendiri..ssebab itu berbahaya jd sy gak mau ambil rsiko

agung said...

mau,nanya mas,,saya punya inverter sistem switching,,mosfet irf740 yang 4 pasang jebol,,apa bisa diganti pake irf830,,soalnyadi tmpat saya sulit nyari irf740,,kalau bisa apa ada komponen yang di rubah?

Didykelektro said...

agung@ bisa di ganti pakai irf830
kalau driver nya gak ikut rusak gak perlu ganti alat lain


agung said...

ok,mas trimakasih,,inverternya sudah jadi,sukses buat mas didi

Sopir Andong said...

Maksudnya gimana mas broo...apa out 220 ambil dari basis gitu?? Mohon jelasin dong...syukur2 di kasih skemanya boleh juga mas broo.... Thank q

Sopir Andong said...

Mas dyki....cara masangkapasitornya gimana mas biar gak dengung....maksudnya apa sama kaya pasang elco gitu..???

Surviandi Andi said...

mas saya mau nanya, dari rangkaian inverter di atas bisa gak untuk menyalakan bor listrik?
mohon jawabanya mas.
terimakasih..

Surviandi Andi said...

mas saya mau nanya, dari rangkaian inverter di atas bisa gak untuk menyalakan bor listrik?
mohon jawabanya mas.
terimakasih..

sugengristanto said...

DARI AWAL BANYAK YANG NANYA BAGAIMANA KALAU INVERTER JENIS INI DI PAKAI NYETRUM IKAN /NUMPANG MAS DIDIK MAAF / DARI HASIL PENGALAMAN ALAT INI KURANG COCOK UNTUK STRUM IKAN KARNA BILA DI STIK( SEKUNDER SHORT) TARANSISTOR AKAU SHORT ATAU OPEN. DAN UNTUK NYETRUM IKAN BUKAN HANYA TEGANGANNYA SAJA YANG PENTING TAPI DAYANYA.bILA TANPA MODIF INVERTER DIATAS AKAN DROP JADI TINGGAL 10 V BILA DIMASUKAN AIR. DARI MANTAN 80 AN NDESO