Tuesday, April 19, 2011

INVERTER TEGANGAN TINGGI

skema diatas hanyalah konsep dasar untuk menghasilkan tegangan tinggi dan dgn daya yg cukup perlu rangkaian tambahan seperti driver fullbridgeatauhalf bridge
d video
video
pada postingan kali ini kita akan membuat inverter bertegangan tinggi..lebih 10kv..entah bermanfaat atau tidak tapi banyak sekali yg bertanya dan minta di buat kan rangkaian untuk menaikan tegangan.
perna suatu hari saya berkunjung ke tempat paman saya tepat nya di daerah batu raja sumatra selatan ..nah..di sana saya banyak jumpai kebun yg sekeliling pagar nya di aliri listrik...menurt cerita itu sebagai penghalang babi hutan yg sering merusak tanaman.
Wow...bahaya sekali...apalagi listrik nya dari pln yg daya nya cukup besar...dan sangat mematikn...padahal tujuan awal nya hanya mengejutkan saja.. Nah...!!dari sana sy punya inspirasi untuk membuat alat pengejut bertegangan tinggi.
Di sini saya memanfaatkan flyback bekas tv..karena lebih simple..untuk konsep dasar bisa dibuat seperti pada rangkaian diatas        
beri keping pendingin trasistr supaya tidak terjadi overheat..
Catatan: semakin besar tegangan input maka makin besar tegangan yg di hasilkn..dan begitu sebalik nya semakin kecil tegangan input maka tegangan yg di hasilkan jg akan kecil.
Semakin besar nilai resistor maka semakin kecil tegangan yg di hasilkan dan daya suply lebih b
Good luck.
untuk yg berdaya besar biasanya di gunakan untuk memagar kebun dari gangguan hama seperti hama babi hutan,gajah dll.
seperti yg di bicarakan di awal tujuan dari alat ini hanya pengejut tidak di tujukan membunuh hewan tersebut..akan tetapi bukan berarti tidak berbahaya...!!!apabila kabel tersentuh hanya butuh waktu 5 detik..untuk melumpuhkan seekor babi hutan....maka dari itu tegangan di naikan sampai ribuan volt agar dalam jarak 2cm dari kabel sasaran sudah tersambar oleh listrik...
peringatan!! sangat berbahaya segala resiko penulis tidak bertanggung jawab..jadi..hati hatilah

50 comments:

Anonymous said...

untuk memperbesar arusx bg mana mas.mksdx cara pasang transistor tambahanx.

Didykelektro said...

kalau memperbessar arus tentu nya suply nya jg harus di perbesar mislkan anda pakai aki 5amper..dan untuk
pemasangan transistr nya yaitu di paralel colektor + colektr ,emitr+emitr dan basic + basic..
Dan ingat smakin besar daya nya dan di ikuti tegangan tinggi sangat berbahaya... Hati2

habibiecell said...

bos out putnya yg mana ,,,,,,tank,s

Didykelektro said...

habibie@ ..
out put nya ada pada anoda flyback [kabel merah besar]

Anonymous said...

kalo pake batere kotak 9v bisa kah, bos ?

Didykelektro said...

apa pun bentuk nya asal kan batere ada tegangan dan arus ya bisa buat rangkaian diatas di sarankan memakai tegangan 12v atau 24v dengan arus minimal 2ammper

sukaelektro said...
This comment has been removed by the author.
sukaelektro said...

flyback tv ma coil motor outputnya besar mana ? bisa untuk nyetrum tikus gak ya ?

Didykelektro said...

flyback tv voltase out sampai 25kv... tp koil motor sekitar 10kv...tp soal daya besar koil motor... orang saja bisa mampus apalg cuma tikus...hehehe

sukaelektro said...

saya sudah coba pakai coil motor, input pakai adaptor 1 A tapi kok hasilnya gak maksimal. kenapa ya ?

Didykelektro said...

suka elektro@ kurang maksimal gimana ni mas kurang arus atau kurang tegangn nya...pada coil itu yg di pakai bukan trafo jenis frequensi tinggi jadi jumlah gulungn primer sesuai voltase input yaitu sekitar 95v ac jadi kalau coil mas catu dgn tegangan 12v ya suadah pasti hasilnya kecil...berbeda dgn flyback tv yg memmang di aplikasikn ke frequensy tinggi jadi jumlah gulungan primer lebih sedikit...dan bila di catu dgn tegangn 12v saja sudah cukup besar out put nya..

Anonymous said...

mas didy saya ari dari smg,saya mau tanya kal untk rangkain yg mengunakan flyback ini bisa menghasilkan 3000watt ac 1phase ga ya?

Anonymous said...

mas bs ga saya memesan rangkaian dari dc 12v yg nantinya untuk menggerakkan motor ac 2000wtt 1phase 220v...harga nya berapa ya ms?tlg info ke arimrcl@ymail.com
thx

Anonymous said...

mas didy saya ari dari smg,saya mau tanya kal untk rangkain yg mengunakan flyback ini bisa menghasilkan 3000watt ac 1phase ga ya?

Didykelektro said...

ari@km harus bisa dulu membedakan antara teganga dan arus.. yg di bahas di inverter ini adalah tegangan bukan daya..kalau sudah memakai satuan watts itu berarti daya.. inverter bukan lah sebuah generator penghasil listrik akan tetapi sebuah alat pengubah listrik yaitu dengan menaikan tegangan sesuai kebutuhan... nah kalau daya nya tergantung besar kecilnya suatu alat pengubah nya tadi(inverter) dan jg arus yg di input kan..nah di atas sy membahas inverter tegangan tinggi sebagai alat pengejut..atau alat penyengat listrik..nah karena flyback ukuran kawatnya sangat kecil maka hasil dayanya pun kecil tapi tegangan nya tinggi...
kalau cara membuat inverter 12v dc ke 220v ac lihat postingan saya yg lain ada jg di blog ini..dan kalau mau lebih praktis ya seperti yg sy bilang beli jadi karena buat daya 2000 watt bukan biaya yg kecil untuk membuatnya...

Anonymous said...

saya mei dari smrang. mau tanya, output flyback (di kabel anode) keluarannya AC atau DC?. kira2 teganganya brapa ya?

Didykelektro said...

keluaran trafo flayback sebenarnya sudah dc karena sudah melalui dioda internal di dalam fbt itu
tegangan fbt ini sekitar 20 ribu volt
tapi daya nya kecil

nandar said...

mas nanya nih, jadi outputnya cuma 1 kabel warna merah? klo kaki pin trafo flybacknya yg d skemane mas kakine ada 8, tapi q lihat trafo flyback ada 9 mas? bgaimana mas, tolong d bantu, tnks

Microbot said...

oke siph gan... saya mau mencobanya

Anonymous said...

Mas Sya Amrin. . .
mas, kalau seperti rangkainnya mas yg di atas itu. bisa untuk mematikan tikus sawah ap nggak mas. law pake tegangan DC 12 V, 5 Amper..????
dan Ap tikus tersebut bisa terkena kalau tikus tersebut gak menyentuh tanah / Ground...????

Didykelektro said...

amrin memang nya ada tikus gak nyentuh tanah...hehhee untuk tegangan sebesar itu jgn kan tikus sapi aja bisa mati...tp karena daya nya agak kecil jadi epeknya kejut jadi mungkin tikus engak nempel tp kaget dan lari...tp kalau sampai nempel ya pasti mati

Anonymous said...

Mas Aku amrin.....
Udah aku coba tapi qo' R 1 Ohm nya panas dan tebakar yea mas..???
dan Di kabel Anodanya gak keluar tegangan sama sekali...????

Anonymous said...

sori mas, R 1 Kilo Ohm Nya....

Anonymous said...

Udah aku coba tapi qo' R 1 Kilo Ohm nya panas dan tebakar yea mas..???
Yang aku Pake TR 2N3055 (TR Jengkol)
dan Di kabel Anodanya gak keluar tegangan sama sekali...????

Didykelektro said...

amrin..2n3055 jenis nya npn...jgn sampai terbalik masukin tegangan nya emitor harus kemasukan kutup min dan untuk r terbakar coba naikan lg nilai nya jadi 2k..trus pastikan jg fbt nya masih bagus../

Anonymous said...

Ok, Mas. Mator nuwun yo pinuturane.....

Anonymous said...

Waduh mas, Ko' Tetap yea. R nya udh sya Upgrade mulai 1 smpai 5 K ohm. . .
Kode C d FBt itu, kaki yg ke Colektor TR Horizontal kan mas,...????
dan Law kluar tegangannya ap tegangan tersebut menyengat sprti di mesin TV...????
dan ap Pke FBt khusus jenis tertentu...????
mohon petunjuknya masss.....

Didykelektro said...

km pasti salh pasang atau fbt km sudah rusak atau bisa jg transistr nya yg rusak....kalau flback bagus transistor mungkin sudah jebol makanya r terbakar...
Untuk 2n3055(jengkol) colector nya ada di body...
Prinsip rangkaian di atas hanya memanfaaat kan pola gulungan ct...nah pola tersebut pada flyback bisa kita ambil di pin b+,c dan 180.:
dgn asumsi pin c sebagai ct nya

Anonymous said...

Tr nya sdh sy ukur ulang masih normal (tdk putus dan tdk jebol) dan Fbt nya itu sy ambil dr mesin TV yg msh star Normal.Ap mgkin Hrs meggunkn Fbt yg sm persis dngn gmbar mas d atas...????
Tp mmang sy mncobanya dgn mnggunkn Adapter 12 V,10A. Ap brpengruh...????

Didykelektro said...

pethatikan lg gambar di atas..pada gambar di atas pin 180v ada di tengah antara b+ dan pin c nah...ngak smua trafo flyback susunan kakinya seperti itu bisa saja yg di tengah pin c dan atau b+ ..jadi perhatikan lg flyback yg kamu punya yg ditengah entah itu pin c atau pi b+ atau pin180v yg penting pin tengah harus di masukan tegangan (+) seperti pada gambar di atas

Anonymous said...

Trus cara kita mngetahui d anoda nya ad tegangannya gmna mas....???Selain di peganga......hehehe
mhon ptunjuknya......

Didykelektro said...

anoda flyback itu tegangan tinggi jadi dekatkan saja ke besi..atau kabel maka apinya akan loncat.....

Anonymous said...

tp kenpa prcobaan rangkain saya d ad lncatan api sma sekali yea mas....
Fbt yg sy punya pin C nya d tengah dan sy masukn tgngan (+). trs kmudian pin 180 d pinggr kanan yg brsmbung dngan Basis TR lwt R 1 Kohm.Kmudian B+ bhubngn dngn Colectr TR.Tp antara C Fbt dan B+ trdpt 1 pin. jd yg d gunakan, pin B+ atau pin yg d sbelah C Fbt

Anonymous said...

Mas say Amrin., sya mngirimkan gmbar rangkain sya d Email nya, mas.....
tlong di koreksikan, apanya yg msih salah mass.....
mhon ptunjuknya.....

Didykelektro said...

amri@sy sudah lihat gambar km...gambar km sudah benar...tp apakah kamu bisa memastikan kalau yg pin ct atau tengah itu ada di pin c ...pada prinsip nya switching seperti itu memakai pola gulungan ct....jadi pin tengah kita anggap ct nah kalau salah menentukan ct nya maka switching tidak akan terjadi.... Jadi silahkan di tukar atau di coba satu2 yg mana pin ct nya...sebelum nya ukur pakai tester terlebih dahulu apakah ke tiga pin itu ada hubungan atau tidak

Anonymous said...

Ap ad Nilai Ohm trtentu untuk mnentukn CT nya mas...????sdh sya ukur mas. dan ke tiga pin tersebut smua berhubungan.....

Anonymous said...

Mas, rngkain sya Udah Jdi. Tpi qo tegangannya kurang yea,....
Lw Anodanya gk d pncing di dektkn dengan kabel fokus atau Screen. Apinya g mau loncat law cm d dekatkn dengan besi saja.....????
mhon ptunjujnya.....

Didykelektro said...

akan km gunakan untuk apa tegangan itu tegangan listrik bisa loncat di tegangan 10000volt kalau sampai lompat ke besi yg hanya di geletakan bisa sampai 20000volt..sangat bahaya....!kalau mau menambah tegangan out nya bisa dgn menambah tegangan input naikan tegangan input sampai 24v atau bisa 32v tergantung jenis transistor nya...kalau km punya flyback tv hitam putih maka di 12v saja tegangan sudah tinggi........bisa jg pakai koil motor...oya sy tidak bertanggung jawab atas segala resiko nya....

Anonymous said...

mau sy pke untuk mngusir tikus sawah. dngn cra mmberi kwat Rang kliling, dngan di aliri tgangan itu mas.....
jka tgangan input d naikkn , Tr Pnas....ap hrus bnyak mggunkn TR agr tidk panas..????
dan klau dngn input 24V, kira2 TR ap yg d Pake mas...???
iy, sy pham dngn resiko ini mas. sy akn lbih brhati2 ...

Didykelektro said...

gunakan tr yg mampu buat teangan tinggi misalkan tr regulator...tv..sebenarnya 2n3055 masih mapu dgn tegangan segitu..hanya keping pendingin perlu agak besar untuk membuang panas nya...hati2 smakin besar daya yg kamu input kan maka sebakin berbahaya...kalau daya kecil hanya mungkin epek kejut saja...

wawan said...

mau tanya nih kalo inputnya 110volt pake tr apa dan R nilainya berapa.trims

Didykelektro said...

wawan pakai saja tr regulator tv...nilai r nya sekitar 10k tinggal sesuaikan saja supaya tr gak terlalu panas

Arny Cell_lalembuu said...

Mas, sya Amrin...
lw misal di smbung dengan Coil motor gmna cranya mass...???

irsan alung said...

mau tanya lagi. sy salah beli tr TIP3055. pas di pasang TR panas terus kabel anodanya ga keluar strum. memang ga bisa ya pake tr TIP trim

SUTRISNO BNI said...

Saya dulu waktu masih skolah smp suka coba2 penaik tegangan.Dengan rangkaian seperti di atas di mulai dari D313, 2n3055/TIP 3055.Saya gunakan trafo ct biasa, dari 1 smp 5 amper.
Bedanya adalah saya tambah elko 0,1u 250volt(bekas lampu tl).yang di paralelkan ke resistor, kaki + ke lilitan - ke basis transistor. Semakin kecil capasitor semakin tinggi frekwensinya, dan smakin tinggi tegangannya.(jadi kalau pingin naikin tegangan ga harus 12volt jadi 24volt.)
Kalau terlalu tinggi bisa dirubah pakai yg 4,7u 250volt.Kalau kekuatan elco hanya 50 volt, elkonya akan meledak,
Oya, karena sya pakai trafo besi(frekuesi rendah).sdangkan rangkaian berfrekwesi tinggi, biasanya stlh 10 menit akan jenuh, dan tdk bisa mengeluarkan ribuan volt, tp msh bisa ratusan volt.
Dan kalau ganti trafo lagi juga akan seperti itu lagi( hanya 10menitan).
Yg paling sy suka waktu itu adalah ketika 2 output tegangan di dekatkan 1 s/d 2 cm dan dikasih penghalang kertas, kertasnya akan bolong dan terbakar, dan bila pakas tisu yg di basahin trus d tempel akan keluar asap sampai kering dan terbakar.
Itu pengalaman saya.
Trimakasih, maaf juga kalau kebanyakan.

Anonymous said...

Salam kenal mas didyk....

Mbah Peyot said...

Maaf mas, menyimpang dikit dari topik.. Kalo bikin alat strom ikan jadi lebih kuat lagi TANPA merubah inputan atopun lilitan gimana caranya..?
Apa bisa pake ditambahin transistor kayak topik diatas?
Makasi..

wawang mahakam said...

mohon tanya, itu negatifnya ikut negatif aki atau ground/negatif bumi?,. kalo ikut negatif aki, seberapa banyak yang bocor ke negatif bumi. saya mau aplikasikan untuk kejut ikan, minimal sampai teler supaya gampang dijaring.

Anonymous said...

Z saya juga tertarik sma pembuatan alat kejut ikan dg flyback ap bisa it?

Sayun Rohmadi said...

no fbt nya yang bisa digunakan tuk rangkaian ini brp?