Jumat, 05 Juli 2013

TIPS DAN TRIK MESIN LAS INVERTER


                                        PERAWATAN MESIN LAS INVERTER merawat lebih baik dari pada memperbaiki..!
didalam mesin las inverter terdapat sirkuit pengendali daya  yg di susun dan di kendalikan oleh perangkat elektronik.yang kompleks .dan  sangat rentan terhadap kerusakan.,nah maka dari itu perlakuan terhadap mesin las inverter harus benar benar di perhatikan..agar mesin las awet..dan tahan lama
tentunya kita tidak berharap ketika saat di perlukan mesin las tidak berfungsi..
      HAL HAL YG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERAWATAN MESIN LAS INVERTER..!   1.selalu perhatikan sirkulasi udara pada kipas pendingin
     pada mesin las system pendinginan sangat penting..yaitu untuk menjaga suhu didalam mesin tetap stabil
    pada komponen pengendali daya seperti halnya mosfet menghasilkan panas dan harus di dinginkan..agar
    komponen tersebut dapat bekerja maksimal.
    kelebihan panas dapat menyebabkan kerusakan yg fatal..walau mesin las sudah di lengkapi sensor
    thermostat..ttetapi tatap harus di perhatikan hal ini..
  2.jauhkan dari air dan kelembaban
    .terkena air..atau suhu lembab dapat membuat sirkuit didalam mesin las inverter terjadi hubungan
     pendek dan menyebabkan kerusakan pada mesin las.
  3.hindari debu yg menumpuk pada mesin las
     debu yg menumpuk pada board sirkuit rentan terjadi short atau hubungan pendek..apalagi debu
    dari sisa serbuk besi gerinda,gergaji yg terhisap kipas pendingin dan menumpuk pada mesin las
    bersihkan secara rutin ,buka penutup mesin las dan meyemprot rangkaian dengan angin kompresor
  4.hindari benturan
    benterun yg kencang dapat membuat sytem perkabelan di dalam mesin las kendur..dan dapat
    meyebabkan kerusakn yg fatal.
 
                            TIPS  agar mesin las inverter awet ada bebarapa hal yg harus di perhatikan
1,gunakan ukuran kawat las sekecil mungkin dan sesuaikan dgn kebutuhan
   semakin besar kawat las yang di pakai maka mesin las semakin terbebani dan tentunya mempengaruhi
   keawetan mesi las.. apabila potensio pengatur daya saat pengelasan di putar penuh..itu menujukan bahwa
   mesin las bekerja maksimal..dan sangat tidak di anjurkan demi menjaga keawetan mesin las
2.gunakan listrik yang stabil dan daya yang cukup
  .kestabilan pasokan listrik yg masuk ke mesin las..sangat berpengaruh dangan keawetan mesin las
  listrik yg drop dapat membebani regulator mesin las yg bekerja menstabilkan tegangan yg drop..akibatnya
  regulator power suplay cepat rusak .
  begitu juga halnya dengan mcb listrik yg sering anjlok atau trip akibat kekurangan daya..
3. usahakan jangan memakai listrik generator atau genset yang dayanya pas pasan
  pengalaman saya selama servis mesin las banyak sekali kasus kerusakan yang di akibatkan dropnya tegangam genset..yg di pakai saat mengelas..berkadang terjadi lonjakan tegangan yg mengakibatkan rusaknya
  beberapa komponen di dalam mesin las
           PENYEBAB KERUSAKAN MESIN LAS INVERTER  ada beberapa faktor penyebab kerusakan mesin las inverter
1.faktor mesin
  ini meliputi kwalitas mesin..seperti yg kita tau biasanya smakin bagus dan ber merk maka smakin mahal jg
  harga mesin..nya untuk dan smakin buruk kwalitas mesin las nya biasanya di jual murah..
  maka dari itu pilih lah mesin las yg telah terkenal merk dan kwalitas nya..
   cara mengetahuinya bisa melalui pengalaman atau
   bertanya.kepada yang lebih berpengalaman.
2.faktor pengguna
   pemakaian mesin las yg tidak memakai aturan atau dengan kata lain si pengguna tidak memahami aturan dan perlakuan terhadap mesin las.inverter.
  ini biasanya meliputi.
      a. pemakaian ukuran kawat las yg tidak sesuai dengan kemampuan mesin las

             ini faktor yg paling banyak menyebabkan kerusakan mesin las..jadi gunakan kawat las yg sesuai
             dengan kemampuan mesin las anda.
             lihat tabel buku panduan mesin las anda.
     b.  menyalagunakan fungsi
         banyak pengguna mesin las..memakai mesin las untuk memotong benda kerja...dan memerlukan  daya
         besar agar benda kerja terpotong..nah tentunya hal ini sangat membebani mesin las
         
     c.  tegangan suplay listrik tidak stabil
     d.   kebersihan mesin tidak di jaga
     e.   basah
          hati hati terhadap air saat bekerja di lapangan karena bisa menyebabkan kerusakn mesin las
   
   DEMIKIANLAH BEBERAPA TIPS DARI SAYA.SEMOGA MESIN LAS ANDA AWET TAHAN LAMA DAN DAPAT MENDUKUNG PEKEJAAN ANDA..!!

APABILAH MESIN LAS ANDA TERLANJUR RUSAK DAN HENDAK DI PERBAIKI SILAHKAN
HUBUNGI KAMI DI NOMOR TELEPON. PADA ATAS HALAMAN BLOG INI
DIDYK ELEKTRO MELAYANI  PERBAIKAN SEGALA MACAM MESIN LAS INVERTER
DAN SIAP MEMBANTU KELUHAN ANDA
                                                                    SALAM...SUKSES..!!!
artikel saya yg lain di:servis mesin las inverter

147 komentar:

Anonim mengatakan...

mas..mesin las sy merk lakoni folcon 120e ..meledak..apa mungkin kerusakannya akibat generator listrik sy yg kurang besar trimakash

Didykelektro mengatakan...

pemakaian generator untuk menyalakan mesin las inverter memang rentan terhadap kerusakan..itu di sebabkan tegangan generator tidak stabil akibat beban las yg naik turun,,akibat nya mesin las rusak bahkan kalau sampai terjadi lonjakan tegangan maka bisa menimbulkan ledakan

Nopringki mengatakan...

mantap to mas.....
menginspirasi sekali bagi saya yang masih awam..

Didykelektro mengatakan...

ya mas moga bermanfaat

Unknown mengatakan...

Slm kenal mas didik,saya punya mesin las merk essen,,kl buat ngelas bunyi ciit keras ky tikus.tp bukan mesinya yg bunyi.tp diujung elektroda pas waktu kita lg ngelas,apanya itu mas didik,trmksh sblmnya

Unknown mengatakan...

Slm kenal mas didik,saya punya mesin las merk essen,,kl buat ngelas bunyi ciit keras ky tikus.tp bukan mesinya yg bunyi.tp diujung elektroda pas waktu kita lg ngelas,apanya itu mas didik,trmksh sblmnya

Didykelektro mengatakan...

Biasanya karena frequensy naik..jdi tegangan terlalu tinggi dan api loncat saat elektroda ÐÎ dekatkan

Unknown mengatakan...

Trs gmn solusinya mas didik,ap yg hrs saya ganti...trimaksh

Unknown mengatakan...

Trs gmn solusinya mas didik,ap yg hrs saya ganti...trimaksh

Unknown mengatakan...

Trs gmn solusinya mas didik,ap yg hrs saya ganti...trimaksh

Didykelektro mengatakan...

YΛ harus ÐÎ ukur dulu mas kalau sudah ketauan baru ÐÎ ganti apa yg rusak...ukur frequensynya sekitar 100khz

Unknown mengatakan...

Maaf mas,coment saya dobel2.sy jg ndak tw knp..cb mas didik dket,sy suruh ksn.sy di NTB.
Sy ndak punya multi yg bs test frequnsi mas..gn mas critany,dl ada komponen yg kebakar,tpatnya sbelum masuk diodakotak itu.simbol ny R tp bentuknya gepeng ky duit recehan itu warna biru.saya beliin ndak ada yg jual,trs saya bawa kebengkel las..itu sudah hasilny,bunyi..ciit itu.ongkosny 350rb..mahal ndak mas?
Saking penasaran sy bongkar,,trnyt alat yg kbakar itu ndak diganti apapa,,ndak dipasang apaapa..parahny lg,kn ad ic 3biji itu dihapus smua nomer ny..saya takut kl ic ny rusak..gmn dong mas didik..
Nah,apa krn resistor gepeng itu y,kl diganti yg biasa brp nilainy..maaf mas didik banyak peqgtanyaany..trimksh skali mw bantuin saya

Didykelektro mengatakan...

aris@untuk pekerjaan elektro..gak bisa kira kira..mas..sebab ini ilmu pasti..kalau hanya kira kira maka akibat nya fatal bahkan apa yg km kerjakan bisa saja bertambah parah kerusakannya..maka dari itu gunkan alat ukur..dan itu mutlak harus di gunakan untuk menentukan komponen apa yg bermasalh..komponen elektronik tidak semua rusaknya bisa terlihat oleh mata ada jg yg terlihat bagus tidak terbakar tp rusak..untuk ic yg di hapus pin ada berapa..itu bisa di lihat dari jalur setau saya merk essen tidak ada yg di hapus..terkecuali kerjaan bengkel iseng...

Unknown mengatakan...

Terimaksh mas didi penjelasanya,,,
Celaka mas didi hehehe,td sore mesinya saya paksa bwat krj apa itu yg kaki 3 no f30u60Dn 6biji mleduk smua..saya beliin ndak ad lg,,terpaksa pinjem mesin mas.,.
kl psan mas didi 6biji brp y harganya.
Oy,untk ic ny boleh kl sy kirim k email mas didi.

Anonim mengatakan...

mas kalau potensio pengatur tegangan-nya sering rusak, apa penyebabnya..trimkasih

Didykelektro mengatakan...

potensio pengatur tegangan yg mana maksudnya...
mungkin maksud anda potensio pengatur arus...kalau potensio tersebut biasanya rusak karena pemakaian bukan karena tegangan..biasanya koneksi karbon di dalm potensio habis terkikis atau bisa juga dol..karena sering di putar.putar

Anonim mengatakan...





ntuk ganti modul las 160mmi berapa harganya mas didi???

Anonim mengatakan...


klau las essen power ntuk git Feet terlalu besar sekitar 18v cara menurunkan tegangannya gmn mas didi....?

Didykelektro mengatakan...

silahkan di beri nama komentar anda supaya gampang di kenal..untuk ganti modul pwm harga 65rb tp kalau modul atas lengkap harga 575rb
untuk pertanyaan yg bawah feet git itu apa maksudnya...tolong di perjelas

Anonim mengatakan...

pak didik,.. ada modul kontrol PWM yg siap pake utk induction heating??
trims infonya
abdullah Makky

Anonim mengatakan...

Salam kenal mas didyk, saya punya mesin las lakoni 900watt kenapa K4107, zener, 4148,100ohm setelah ganti gak lama jebol lagi, pennyebabnya apa mass...

Didykelektro mengatakan...

kmungkinan mosfet yg anda pasang palsu

Unknown mengatakan...

Inverter las yg bgus merknya apa mas plus harga

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Didykelektro mengatakan...

kalau mesin las dgn merk yg bagus banyak,kamppi,esab,miller dll harga nya jg puluhan juta

Unknown mengatakan...

mas,sy mau tnya kerusakan mesin las rhino mma-120,api lasnya lemah,tr mosfet,resistor yg dkat mosfet itu ud diukur baik semua,mhon solusinya mas didy.

Didykelektro mengatakan...

pening pulau@ mungkin osilator blum bekerja coba cek,bisa jg driver rusak

amirbejo mengatakan...

salam kenal semua. saya baru beli mesin las listrik merk firman mma 120. bisakah dipakai sumber arusnya dengan 900 watt. atau ada trick nya biar meisn lass tersebut tetap bisa pakai pada daya 900 watt

FX MC ADI mengatakan...

Salam kenal mz Didy sy Adi dari NTT mau tanya ni mesin las sy merek kentaro 650 watt bisa hidup tp tdk bisa las pd hal power nyala kipas jg berputar kira2 apa ya mz, trimakasih bantuannya mz

Didykelektro mengatakan...

adi@kemungkinan kerusakan ada apada osilator yg blum bekerja maka switching tidak terjadi

Didykelektro mengatakan...

amir@ daya listrik 900watt terlalu kecil kalau buat pengelasan sebab saat terjadi proses pengelasan daya akan melonjak...trik nya gunakan kawat las sekecil mungkin..atau lebih bagus nya tambah daya listrik anda

eko gracia mengatakan...

mas didi saya mau bertanya soal travo inverter 120 falcon merk lakoni,skakel on off hidup merah tetapi kipas travo tidak bisa nyala dan mesin tidak bisa digunakan itu solusinya knp ya? trims










Doni mengatakan...

malam kak, mesin las saya kentaro mm 120 output kadang ada kadang ngk. apa masalahnya kak, terima kasih

amirbejo mengatakan...

slamat malam, mas Didy. mohon info nya nich. inveter merk firman mma 120. bisa nggak digunakan genset, atau pabila digunakan dengan ganset merusak mesin lasnya nggaksebagai sumber arus, karena daya yg dirumah cumah 900 watt. trimatas bantuannya

Unknown mengatakan...

om Didy, terimakasih paketnya sudah sampai tanpa ada kurang. saya minta petunjuknya om,las inverter saya maxtron mma160. awalnya mati total terus banyak komponen yg diganti. mosfet rjh60f5 sama trafo ee25 15:15 dan irf24z +komponen lain. sekarang sudah nyala, lampu protect mati tapi setiap busur las di tempel mcb listrik langsung jeglek. yang harus diperbaiki apa lagi ya om,, tolong banget pencerahannya om,, windika, tunggara jateng.

Didykelektro mengatakan...

dony@ perjelas pertanyaanya sebab kadang ada api kadang tidak ada bisa saja hanya karena konektr kabel kendur,,

Didykelektro mengatakan...

amir bejo@ listrik sumber dari mana pun asalkan tegangan dan daya stabil dan mencukupi maka bisa di gunakan..genset dengan kapasitas kecil sangat tidak di anjurkan untuk menyalakan mesin las karena pada saat proses pengelasan membutuhkan daya yg besar sehingga genset tersendat sendat dan mesin las bisa rusak...itulah mengapa mesin las inverter tidak di anjurkan menggunakan genset dengan kapasitas pas pasan...kalau saja genset anda kapasitasnya besar ..ya gak masalah...

Didykelektro mengatakan...

pawn@ mcb njlok apakah di ikuti dgn shortnya komponen igbt atau yg lain..kalau hanya mcb yg anjlok perhatikan apakah daya listrik anda cukup..kalau cukup berarti feedback arus tidak bekerja sehingga switching bekerja penuh

Unknown mengatakan...

salam kenal mas didik....mo nanya ni inverter lakoni 900 watt di pakai dg listrik 1300 watt yang pakai pulsa kuat gk sebab mau beli takutnya gk kuat listriknya.... makasih

Didykelektro mengatakan...

ilham@ kuat atau tidak yg menentukan bukan jenis meter listrik anda tp daya lah yg menentukan...meter listrik jenis apa pun kalau daya yg anda pasang dari pln kecil ya gak kuat..

Duta elektronik mengatakan...

Salam kenal Mas Didy,ini pertama sy diminta tlng teman benerin mesin lasnya..kendalanya pada saat pakai las api kecil tiba-tiba api bisa membesar sendiri trus kembali normal lagi..apa potensio pengatur arusnya sdh minta ganti..maaf sy gak pernah pelajari masalah las inverter soalnya..trim atas infonya.

cni semarang mengatakan...

salam kenal mas didy, saya barusan beli alat las listrik merk lakoni 120a 900watt, pertama tes dicoba bisa untuk las, kemudia saya coba lagi di rumah koq tidak bisa untuk las ya ? langkah yg saya lakukan
1. pasang colokan - dengan kabel yang seperti japoitan pakaian
2. pasang colokan + dengan kabel yg ada capitan eletroda seperti kawat kembang api anak anak
3. saya colokin kabel ke listrik
4. saya pencet saklar ke on ( kipas nya muter/jalan )
5. kabel min saya pasang di plat besi ( capit )
6. saya putar pengatur arus di 60a
7. saya pasang kawat elektroda di kabel +
8. plat besi saya coba las tetapi tidak ada muncuk api las spt saat beli
mohon penjelasannya pak, padahal kawat eletroda yg di gunakan sama dengan contoh saat beli

terimakasih sebelumnya

dari rudy

Didykelektro mengatakan...

duta elektronik@bicara kemungkinan bisa saja potensio nya rusak tp boleh jg cek tegangan suplay apakah normal..

Didykelektro mengatakan...

cni@kmungkinan besar mesin anda bermasalah jenis kawat tidak mempengaruhi keluar atau tidaknya arus

Ligus mengatakan...

om didy,,aku mau tnya ni om.. mesin las listrik,apa bisa untuk ngelas body mobil? kalu bs,,tlng merek dan jenis recomdt om didy

Unknown mengatakan...

Mas didy, maaf mau tanya..idealnya untuk mengangkat daya las inverter 120A atau 160A kalau memakai genset harus minimal yang berapa KVA / Berapa watt? Rekomendasi merk las inverter & genset yang murah tapi berkualitas apa ya mas?
Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Mantap mas..ilmunya

Unknown mengatakan...

Mantap mas..ilmunya

Rizal mengatakan...

Salut mas sudah mau berbagi ilmu.

Unknown mengatakan...

Mas saya mau tanya.saya punya mesin las lakoni falcon 120e.
Tenaga dilas gak kuat. Vol nya ditambah sampai no.90 kekuatannya sama saja seperti 50.
Kira kira apa yg rusak ya mas.

Didykelektro mengatakan...

fendy doy@ mungkin yg anda maksud amper di tambah...tp tetap api kecil...penyakit mesin las ini sangat sering apalagi merk yg anda sebutkn penyebabnya bisa karena driver ada masalah atau bisa juga bagian feedback arus rusak atau bisa jg feedback tegangan di front panel rusak bisa jg potensionya sendiri yg rusak...

Unknown mengatakan...

Mas mesin saya lakoni falcon 120 e. Mau tanya batas maximal diameter kawat yang bisa digunakan berapa ya mas. Trimakasih

Didykelektro mengatakan...

ardien@untuk mesin las kapasitas 120a idealnya hanya buat kawat 2,6mm paling besar..

cara memperbaiki speaker aktif mendengung mengatakan...

mas kok mesin las kloa ane hidupin listrik selalu jepret ,kira kira apa yang rusak ya?

Unknown mengatakan...

Mas sya rencana mw beli msin las bwt bkin perlengkapn rumh sndri tp sy pnya budget 1jt kira2 merk ap yg bgus ?

Didykelektro mengatakan...

belilah yg kapasitas 120a kebawah..untuk pemakaian rumahan kami jual harga 850rb minat silahkan.kontak kami

harga mesin fotocopy mengatakan...

Jual Mesin Fotocopy

juno mengatakan...

Mau tanya...mas dydi jual mesin las harganya 850rb merk apa?

Unknown mengatakan...

mas didy kemarin saya baru saja membeli las baru merk lakoni....yang inventer 900 watt karena worksop saya perumahan dahulu.....kebetulan listrik rumah saya sering dipakai bengkel las buat tralis pagar lasnya tipe sama perumahan.....makanya saya belikan tipe seperti itu karena bisa untuk bekerja......saat pertama saya coba enjoy aja lasnya....habis ke dua kali saya coba ncb pln jeglek 2 x test lagi jeglek ampai saya kecilkan ampare saya 10 Amper ngelas besi seng doang itu......baru clereeet dilepas stick jeglek.....geleng saya listrik pln 900 watt semua saya matikan kolkas,sanyo dll....cm las itu saja....ampai belum percaya sekali lagi....ampai skring putus...saya dah gak berani takutnya rusak saya teruskan.....saya ke worksop kedua PLN tegangan 1300 watt tu gak dipakai apa2...cm lampu kecil satu buat penerangan.....saya coba disitu.....bisa buat ngelas cleret cleret.....3-4 lassanlah.....setelah 5 x las....clereettttt teppp ncb plnnya anjlok......padahal cara ngelas dikit2 aku matikan lho....saya berani ngelas karena sering main di bengkel las kapisatas besar....sering juga melihat pembuatan pagar,tralis dll....nah yang saya selali kenapa nih pln 1300 watt pas ngelas kadang anjlok padahal saya juga pakai aturan stick kecil......gak berani stick besar karena cm 1300 watt.....lasnya baru saja beli....kalau garansi masih setahun.....saya coba dl karena praktis saja...kalau kendalanya gak bisa diperbaiki ya kapok saya beli mendingan saya beli trafo lebih kuat bandel dipakai genset juga bisa.....ini share saja mas...biar nambah ilmu....solusinya bagaimana? kalau dah ketemu bisa dibls.....jika belum ketemu terpaksa pemakaian garasi dianjurkan ke service centernya. makasih mas didi

Didykelektro mengatakan...

mesin las yg tertulis di bodynya 900watt itu yg harus di tanya ke produsenya 900watt di amper berapa..kalau 20 amper kuat listriknya tp gak kuat buat ngelasnya...mesin las inverter apa bila amper di pakai 120a maka idealnya daya sekitar 2200watt itu pun terlalu pas pasan dan apa bila buat las terus menerus tetapbakan anjlok..karena mcb panas

Anonim mengatakan...

salam kenal,mas dedy...saya bagoes dari mataram,lombok.NTB
ada yang saya mau tanya mengenai mesin las al:
1.Saya baru beli mesin las merk Falkoni 141A GE,awalnya bagus dari tokonya stelah saya bawa ke rumah malah api lasnya kecil(40 VDC yg seharusnya 60 VDC)...stelah saya coba test/cek mosfet ok,...dan saya re-solder drivernya dan coba hidupkan awalnya mau normal...cuman bisa 1-2 biji kawat las,lampu OC menyala shingga terjadi protek dan tdk ada tegangan....
2.stelah sya coba hidup-matikan on/offnya lg mesin las yg tdinya lampu OC menyala skarang mati tetapi teganggan outputnya ttp 40 VDC....kira2 dimana kerusakannya.Mohon pencerahaannya,mas dedy...tks

Anonim mengatakan...

Mas mesin las listrik merk lakoni 120ge, di rumah dengan daya 1300watt sering trip, bisa gak cara ngatasinya dengan memasang capasitor ac, trims

Anonim mengatakan...

SAIFUL, salam kenal mas
Mas mesin las listrik merk lakoni 120ge, di rumah dengan daya 1300watt sering trip, bisa gak cara ngatasinya dengan memasang capasitor ac, trims

Didykelektro mengatakan...

mesin las anda mungkin terjadi kerusakan pada feedback arus sehingga sering terjadi protec saat pengelasan..

Didykelektro mengatakan...

listrik anda kurnag daya..menambah kapasitor tidak aka berpengaruh pada daya..meisn las lakoni 120 a kakau di pakai full listrik aman di 2200watt

Unknown mengatakan...

salam kenal mas didi,saya mau tanya nih.Saya punya inverter lakoni falcon 120e sudah saya pake kurang lebih 4 tahunan,awal2nya listrik 1300w ga ada masalh.Belakangan ini selalu ngetrip mcb rumah,padahal beban lain (alat2 RT) sdh dilepas semua,kira2 apnya yg rusak,kalo diservis habis berapa?.MSB sudah saya ganti baru,penyakit tetap sama,MCB trip

Didykelektro mengatakan...

budi utomo ®mcb trip saat mesin las di nyalakan atau setelah di pakai untuk mengelas ..

Didykelektro mengatakan...

merk redbo

Didykelektro mengatakan...

merk redbo

Anonim mengatakan...

Mas didy....saya aref.jogja mo t? Klo irfz24 panas pada inferter las rino 160A disebabkan apa ya mas...???sampe" ga bisa buat ngelas....nuwun blmnya..

jasa kontraktor mengatakan...

perbaikan rumah

Unknown mengatakan...

Permisi mas dicky saya mau tanya ditempat kerja saya menggunakan 2buah mesin las 250A 220volt memakai kawat las 4mm..menggunakan power genset 62,5kva selama seminggu ngelas gensetnya rusak gulunganya kebakar 1phase..bagaimana perhitungan kebutuhan dayanya..apakah gensetnya kurang besar?

oblie mengatakan...

gan saya mau tanya,inverterku merk lakoni 160a di colokin ke listrik langsung mati,padahal kabelnya ngak ada yang lecet.mohon bantuanya gan makasih.

Unknown mengatakan...

Saya punya las baru merk lakoni 160a dcolokin k genset genko kapsts 7000 watt ko ga mo ya kenapa tuh mas?? Padahal semua mesin baru... Ap ga bs ya genset bt mesin las.. Ap ad cara nya...

widiant mengatakan...

tanya ya,las merk wsm200 tig,mma tu bagus ndak ya

Unknown mengatakan...

Halo mas Didi salam kenal saya Tanto.

Mohon sarannya mas, Daya listrik sayakan 1300. kira-kira cocok pakai mesin las yg berapa ampere ya dan merek apa yg bagus, murah dan sudah banyak dipakai oleh tukang las.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

akhid mengatakan...

Salam kenal mas, mau tanya kalau las lakoni 900 watt kalau mau pakai genset idealnya pakai genset berapa watt?

Unknown mengatakan...

Salam kenal mas didi, saya membutuhkan mesin las TIG tetapi daya di rumah 1300VA bagaimana saya memilih mesin las TIG? mohon di rekomendasi beberapa merk yang handal dengan harga bersahabat? Apa untung ruginya bila saya memelih mesin las bekas/second yang layak pakai? rekom dimana saya membeli yang second?
mohon pencerahannya mas?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fuji Xerox mengatakan...

Harganya berapa sekarang mas mesin ini?

Unknown mengatakan...

power regulator falcon 120e. ic 05 terbakar berapa serinya ya..?
apa serinya sama dng ic 06, 7812.....?

Unknown mengatakan...

Salam kenal ms didy,sy baru beli genset am trafo rilon 160,untuk antisipasi kerusakan/perawatan d genset perlukah sy memasang mcb lg di out put stop kontaknya,soalnya tiap mw pake/selesai sy harus on/off circuit breaker yg ud ad d genset tp bentuknya kecil & keliatan kurang tangguh,makasih responnya ms didy....

Unknown mengatakan...

Salam kenal ms didy,sy baru beli genset am trafo rilon 160,untuk antisipasi kerusakan/perawatan d genset perlukah sy memasang mcb lg di out put stop kontaknya,soalnya tiap mw pake/selesai sy harus on/off circuit breaker yg ud ad d genset tp bentuknya kecil & keliatan kurang tangguh,makasih responnya ms didy....

Unknown mengatakan...

Kalo genset kingmaster 5000wt kira kira uda bisa blom buat mesin las palcon atau sejenianya mohon info'a para welder...?

Didykelektro mengatakan...

Bisa karena tegngan over bisa atau osilator jakan sebelah

Didykelektro mengatakan...

Ya bisa...

Didykelektro mengatakan...

Penambahan mcb sangat di anjurkan...

Didykelektro mengatakan...

Daya listrik sebesar itu tentulah sangat tidak ideal untuk jenis mesin las apapun kalau anda berniat buka usaha ya tambah daya solusinya....kalau beli mesin bekas asal kondisi ok ya gak masalah....untuk memilih mesin sesuaikn dengan ke uangan harga tersedia mulai jutaan sampai puluhan juta

Unknown mengatakan...

Salam mas Didi, saya farot, mau minta saran dari mas Didi, saya mau membeli mini inverter las Kentaro mma-160, 650watt, apa merk ini bagus? Atau ada saran merk lain yg hemat listrik, kebutuhan saya membeli alat ini, untuk membuat kerajinan2 rumahan, rumah saya 900watt mohon sarannya mas, karena saya belum begitu mengerti electro, apa mas Didi menjual merk Kentaro ini..?

Unknown mengatakan...

misi mas didi saya cuma mo tanya apakah trafo las inverter bisa di pakai ngecas aki mobil soalnya aki saya mobil sering soak

FF BLOG mengatakan...

ikut nimba ilmunya bang..
nanya. msn las black rhino 110a 900 watt. listrik pln1300, api bagus tp ko hslnya cuma kyk arang, ga bs nempel tu hslnya... gmn dg kasus spt ini bang? mohon solusinya..

Unknown mengatakan...

Mesin las inverter merek apa yg paling tahan untuk yg 400a, sy dah ganti2 merek semua ga sampe setahu, akhirnya balik lagi ke trafo las BXI400 yg berat itu, tapi boros listrik

Didykelektro mengatakan...

Coba buatan eropa..atau amerika..biasanya bagus...
Kebanyakan orang salah pemakaian oleh sebab itu mesin tidak awet...kebutuhannya 400amper beli mesin 400a ya jelas cepat rusak...sebaiknya baca tabel pemakaian di mesin disana ada aturannya kalau kebutuhan anda 400amper harusnya anda beli mesin yg 500a...duty cycle mesin rata rata cuma 60% di pemakaian full kalau mesin 400a anda pakai full trus kerjanya 100% mesin merk apa pun ya jeboll

Didykelektro mengatakan...

Pastikan anda bisa mengelas ..sebagus apa pun mesinnya kalau tukang lasnya gak bisa ya hasilnya kayak tai ayam belepotan

Didykelektro mengatakan...

Gunakanlah alat secara bijak...kalau mesin las anda gunakan buat charger yg ada ali anda akan rusak tegngan aki 12v sedangkan mesin las sampai 65vdc

Didykelektro mengatakan...

Merk merk di pasaran kita murah meriah...kata orang harga gak bohong...mungkin ada benarnya. Jgn salahkan mesinnya ..salah siapa maunya murah

Unknown mengatakan...

Di pasaran byk yg 400a, yg 500a dan 600a jarang yg masukin, sy udah coba redbo, rhino, wipro, yg paling jelek multi pro, kalo hanjie ga tau baru coba yg 200a

Unknown mengatakan...

Pada Maxtron sy TDK berfungsi pada indicating lamp power n o.c TDK nyala langkah apa yang perlu diambil mas Didik thank

Unknown mengatakan...

Mas eko Coba ganti regulatornya kemungkinan rusak, mudah2an nyala kembali api las nya ma kipas nya hehehe

Didykelektro mengatakan...

Perjelas pertanyaannya

dani0512 mengatakan...

mohon info mas, sy rencana mau membeli mesin las AC/DC redbo wsme 200a dan rencananya mau dijalankan pake genset dengan output 5000watt karena daya PLN di tmpt sy cuma 1300watt.

apakah genset tersebut dayanya sdh lebih dari cukup untuk menjaga mesin lasnya tetap awet?
soalnya sy banyak denger mesin las klo dipake di genset cepet jebol

Unknown mengatakan...

Bisa kayanya buat 200a, tapi genset harus pake avr biar voltasi ga naik turun, travo las inverter jg jgn dipake full

Unknown mengatakan...

Numpang tanya mass saya punya travo las lakon 160 a, saya mau pakai stabiliser 1500 va apakah bisa? Tank's

Unknown mengatakan...

Setelah mesin dinyalakan,kira² 5 menitan,mcb turun/trip
Terimakasih

Unknown mengatakan...

Masss travo sy lakoni 120 lampu oc nya sering nyala knapa ya.???

Unknown mengatakan...

slm kenal mas didik, saya mau beli mesin las tig ada ga ya yg bisa digunakan pakai listrik 900wat lo ada merk apa trimakasih

Unknown mengatakan...

salam kenal mas didik.mau tanya ni.inverter merk redbo yg 120A kualitasnya bagaimana mas menurut mas didik?rencana mau beli inverter,tapi daya listrik rumah 900watt.

Rizal sepdiana mengatakan...

Salam kenal mas, saya punya mesin las kmren mosfet nya jebol, kbetulan mosfet pke 40n60, saya ganti kmudian di tes buat ngelas.. Ga lama jebol lagi. Mlah resistor di bgian driver pun ikut kebakar, saya ganti lgi resitor sma mosfet nya. Kmudian terukur output 62vdc sdgkn driver gate mosfet 0,5vdc,, pas di coba buat ngelas jebol lagi. Mau ganti lgi tkut jebol lagi.. Kira2 apa pnyebab nya mas. Msin las merk powcon stik/argon. Thanks

ihsan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ihsan mengatakan...

Tanya mas, genset yang pas untuk inverter 900 Watt 120 amper butuh yang berapa Watt ya, biasa pakai inverter di posisi 50-75 ampere.
Bisakah pakai genset firman 2500 Watt ?

Unknown mengatakan...

Mas mau tanya kalo mesin las 900 wat apakah bisa digunakan untuk las argon ?

Didykelektro mengatakan...

Sudh cukup.tp ngepas..

Didykelektro mengatakan...

Stabilizer anda akan cepat terbakar karena daya mesin las saat.di pakai full itu besar

Didykelektro mengatakan...

Kemungkinan kipas.pendingin putarannya mulai lambat ..sehingga over heat

Didykelektro mengatakan...

Listrik 900watt buat ngelas...jelas.sangat tidak cocok karena walau tulisan mesin anda 900watt pada kenyataaanya saat di pakai amper penuh .listrik 2200w pun anjlok

Didykelektro mengatakan...

Kami.sudh lama jual merk itu dan selama ini bagus ..gak terlalu rewel walau ya.pasti ada yg rusak

Didykelektro mengatakan...

Pastikan igbt yg anda ganti original...driver harus normal tidak boleh pincang dan tidak boleh over voltage jg bersih dari noise..
Jangan beli part di toko yg tidak bisa jamin keaslianya

Didykelektro mengatakan...

Ya kalau mesin las anda mesin las.argon ya bisa ...

Didykelektro mengatakan...

Semakin besar makin bagus.. 3500 ke.atas

Unknown mengatakan...

Selamat siang.. Mau nanya klo pake kawat las RD yg biasa dia normal, tapi klo pake kawat las lb52 7016 apinya putus-putus,kira2 cara ngatasinya gmna yah?

Anonim mengatakan...

Harus ganti dengan trafo las minimal 200a, mgkn ada pake yg kecil, kapasitasnya kurang. Sy baru pake trafo las merek redbo sama rilon, kualitas bgs

Sol mengatakan...

Halo Pak, Salam kenal.
Saya pemula dan rencana akan membeli mesin las kecil.
Mohon sarannya, mana yang lebih bagus antara Lakoni Falcon 120E dan Fisch WD120?
Secara harga hamper sama.

Mohon pencerahannya,

Salam

Unknown mengatakan...

hai, mas didi sy arul dari sulawesi
mau nanya apa bisa mesin las lakoni 900 watt, dipakai rumahan daya 1300
makasih...

Unknown mengatakan...

Mas Didy, mesin las inverter 120A&130A perbedaannya apa ya secara signifikan selain selisih 10A saja? Terimakasih

Unknown mengatakan...

didyk ukuran jenset yg berapa yg bagus di gunakan untuk inverter 900 watt supaya tahan

Unknown mengatakan...

Genset buat las rumahan merk apa yg bagus ya...mas
Trus pasaran hrga nya brp.an ya...mas

Anonim mengatakan...

Redbo 120a yg ada led dgn yg tanpa led bagus mana?.. kuat gak buat 900w.
Redbo yg ada led nya apa lednya bs berfungsi mendeteksi jika potensio pengatur Amperenya rusak?.terimakasih

Ridho mengatakan...

Hallo mas didi. Mohon masukkan trafo las untuk pemakaian rumahan. Listrik dirumah 1300w. Merek apa yang bagus dan harga dibawah 2 juta. Saya sangat pemula dibidang las. Makasih infonya.

Unknown mengatakan...

Salam knl mas,,,untuk kesetabilan travo las inverter itu yg bagus minim pakai berapa amp ya,,,,

Unknown mengatakan...

Salam kenal mas..
Saya mau beli las inverter..
Tapi masih bimbang antara pilih lakoni atau kentaro..
Saya lihat di google sptnya kentaro lebih bagus..
Tpi kbanyakan di daerah sini kawan" lebih bnyak pakai lakoni..
Mohon penjelasannya tentang lakoni dan kentaro

Unknown mengatakan...

Yg paling kuat merek redbo 400a, sy udah coba semua merek termasuk rilon pada ga tahan, tapi kalo yg kecil2 bisa coba rhino

Unknown mengatakan...

selamat sore mas didy sy mo nanya sy pny las lakoni palkon 120e zener diode yang di kit pwm pecah kebakar dan sya ga tau kode nya kira kira itu zener brapa vol ,kalo say ganti sembarang nilai volnya masalah ga mas terima kasih,

Didykelektro mengatakan...

di bagian mana letaknya

Unknown mengatakan...

Mas didy pnya z24,9z24 sama modul pwm rhino 160? Klo ada berapa mas?

Didykelektro mengatakan...

punya silahkan kontak kami di 081280484959

blog djonet mengatakan...

Salam kenal Mas Didyk.
Saya Djonet dari Bekasi Mas.Mesin las saya lakoni falcon 120e. Lampu led merah pada pcb kontrol menyala semua (3 buah) Saya paksain power on potensiometer pada pengatur ampere terbakar. Saya tes tegangan 24V ke kipas dan relay normal. Saya nggak berani nyalain lagi karena takut kebakar semua. Penyebabnya apa ya Mas Didyk? Terima kasih

Pa'De mengatakan...

Pak, saya mau coba ngelas sendiri, apa bisa pesan mesin las utk rumahan ? Berhubung sy gak ngerti spesifikasi mesin las. Daya mcb rumah 1300 Watt, tapi ada rencana upgrade ke 2200 watt. Termkasih

Unknown mengatakan...

Saya punya general produk mana ya mas .? Genset saya krisbaw 8500 kw di pakai ngelas macam kurang daya apanya ya .mas.?

Hendi Putra Hunawan mengatakan...

Slmt sore mas
Saya punya mesin las lakoni 900w tipe 120E
Apakah mesin las saya bisa menggunakan supply listrik dr genset dgn daya 3000W
Terima kasih mas

Unknown mengatakan...

mas didyk numpang tanya...
menurut mas trafo las 120 merk apa yg bagus?....sebelumx sy pernah pake lakoni120a sdh 6* rusak..pake maxtron br 7bln sdh dicuri org.
makasih sebelum.....

Unknown mengatakan...

Mas didi, mau tanya mesin las saya merk lakoni 120e tak nyalakin pake genset watt 2900 kog malah las saya yg keluar asap dan gak bisa lagi keluar api las, apa penyebabnya mas, trafo saya yg tidak bisa buat genset apa gensetnya watt nya yg kurang besar
Mohon pencerahannya mas?, makasihh.

Truckscale.co.id mengatakan...

utk yg keluar asap , pengalaman saya itu spek lakoni 120e bisajadi tidak cocok untuk genset . karena listrik genset kurang stabil. yapa mau stabil daya nya saja pas pasan. kalau bilang yg mana .... ya keduanya.
cocoknya disesuaikan saja seting ampernya pakai kawat kuwecilll 2mm dan pakainya jangan lama lama. mak crut crut crutt ngopi lagi.

Unknown mengatakan...

Maaf mas didi saya mau tanya untuk las lakoni 900watt bisakah menggunakan genset 2000watt
klau tidak bisa kira² brapa yang bagus

Unknown mengatakan...

mas mau tanya,,,apakah aman..mesin las rhino 120a di pakai di genset terus menerus / apakah aman" saja untuk gensetnya...saya pakai genset 3500 watt...soal nya listrik di rumah blom memadai mas..terima kasih..

Unknown mengatakan...

Mas kalau mesin las mati total apanya ya

Unknown mengatakan...

Mas kalau mesin las mati total apanya ya

Unknown mengatakan...

Mas kalau mesin las di kasih stabil yang 3000, stabilnya rusak GK ya?, Soalnya voltase listrik di tempat saya kurang.